Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Bagaimana Latihan Ketahanan Fisik bisa Bermanfaat untuk Jantung dan Paru?

22 Nov, 2023

SARIASIH.com - Latihan ketahanan dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk peningkatan fungsi jantung dan paru-paru, karena melibatkan aktivitas fisik yang melibatkan sistem kardiorespirasi.

Lalu bagaimana latihan ketahanan fisik dapat bermanfaat untuk kesehatan, berikut adalah penjelasanya untuk peningkatan fungsi jantung dan paru-paru:

  1. Peningkatan Kapasitas Paru-paru: Latihan ketahanan, terutama yang melibatkan aktivitas kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, atau berenang, memaksa paru-paru untuk bekerja lebih keras. Ini membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kemampuannya untuk mengambil dan mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Peningkatan Denyut Jantung dan Volume Darah: Latihan kardiovaskular meningkatkan denyut jantung dan volume darah yang dipompa oleh jantung setiap kali berdetak. Ini membantu meningkatkan efisiensi jantung, sehingga jantung dapat memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh.
  3. Peningkatan Efisiensi Penggunaan Oksigen: Latihan ketahanan membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Ini disebut sebagai peningkatan VO2 max, yang merupakan ukuran dari seberapa banyak oksigen dapat digunakan oleh tubuh selama aktivitas fisik.
  4. Penurunan Tekanan Darah: Latihan ketahanan secara konsisten dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.
  5. Peningkatan Kesehatan Pembuluh Darah: Latihan dapat membantu meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan organ vital lainnya.
  6. Penurunan Risiko Penyakit Jantung: Latihan ketahanan secara keseluruhan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya dengan meningkatkan faktor-faktor risiko seperti kolesterol, tekanan darah, dan gula darah.

Selain manfaat kesehatan kardiorespirasi, latihan ketahanan juga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan memberikan manfaat psikologis lainnya yang berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan.

Yuk ah jangan lupa olahraga, tapi ingat beban dan rutinitasnya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh ya..

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yoppi Kencana , Sp.PD
dr. Yoppi Kencana , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Gogor Meisadona , Sp.N
dr. Gogor Meisadona , Sp.N
Saraf
dr. Ajeng Probowati , SpA
dr. Ajeng Probowati , SpA
Anak
dr. Nadia Ayu Safitri , Sp.M
dr. Nadia Ayu Safitri , Sp.M
Mata
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok