Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Atasi Rasa Ngantuk Saat Puasa Ramadan Dengan Tips Ini

10 Apr, 2023

SARIASIH.com  - Selain haus dan lapar, rasa kantuk yang berlebihan saat menjalani puasa Ramadhan sering menyerang. Tak jarang, rasa kantuk tersebut bisa mengganggu aktivitas harian, baik di sekolah, kampus atau pekerjaan. Sebenarnya, salah satu penyebabnya ialah menurunnya kadar gula darah dalam tubuh karena tidak adanya asupan makanan.

Ada beberapa tips agar terhindar dari rasa kantuk bagi yang menjalani puasa Ramadhan kali ini.

1. hiasan Waktu Tidur

Untuk mendapatkan waktu tidur yang baik, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam setiap harinya. Nah waktu tidur yang berkurang kala Ramadhan membuat otak kurang optimal saat melakukan aktivitas di waktu produktifnya.

Untuk itu sebaiknya mengatur waktu tidur agar sesuai dengan waktu aktivitas harian seperti sahur dan bekerja.

2. Peregangan untuk Usir Kantuk

Peregangan dengan menggerakan satu atau dua anggota tubuh bisa mengatasi rasa kantuk. Pergerakan tubuh dapat membantu aliran darah ke otak yang dapat menghantarkan oksigen ke bagian tubuh lain sehingga meminimalisir rasa kantuk.

Peregangan ringan bisa dilakukan di bangku sekolah, kampus atau kantor dengan memutar badan ke kiri dan kanan atau melontarkan kedua tangan anda ke samping, atas dan depan.

3. Mengobrol dengan Rekan

Berbicara merupakan salah satu aktivitas bagi otak untuk ikut memproses informasi yang diterima dan sedang dibicarakan.

Diskusi kecil dengan pemikiran mendalam soal berbagai topik bisa membuat otak lebih konsentrasi, sedangkan rasa kantuk bisa teralihkan dengan keterlibatan komunikasi antar rekan.

4. Tidur Ayam
Ada kalanya rasa kantuk benar-benar tidak tertahan. Jika memungkinkan, ada baiknya menyerah dan mencari tempat yang nyaman untuk tidur sejenak. Rehat selama 10-15 menit dapat membantu mengembalikan konsentrasi otak dan menghilangkan rasa kantuk.

5. Hirup Udara Segar dengan Berjalan

Berjalan keliling ruangan atau keluar ruangan kelas, kampus atau kantor anda dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang cukup efektif. Udara segar yang dihirup membantu otak lebih rileks sementara tubuh mendapat suplai oksigen yang cukup.

Demikian beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan Selamat Menjalani Puasa Ramadan dengan sehat. Kunjungi Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut seputar kesehatan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
drg. Gia Andriani
drg. Gia Andriani
Gigi
dr. H. Agus Hermawan, Sp.OG
dr. H. Agus Hermawan, Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Bermawi Syahdjam , Sp.P
dr. Bermawi Syahdjam , Sp.P
Paru
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok