Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Asma Adalah Penyakit Yang Bisa Di Kendalikan

17 Feb, 2020

SARIASIH.com – Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang membuat penderitanya sulit bernafas. Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan yang menyebabkan penyempitan sementara saluran nafas yang membawa oksigen ke paru - paru.

Serangan asma dapat terjadi pada semua usia, meskipun lebih umum terjadi pada usia dibawah 40 tahun. Terdapat hal yang menimbulkan berbagai gejala, pertama faktor yang dimiliki penderita yang meningkatkan resiko berkembangnya gejala asma, seperti genetik asma atau alergi bawaan (atopi) dan kedua faktor lingkungan berupa allergen, polusi udara, asap rokok, infeksi pernafasan, dan lain - lain.

Tujuan dari pengobatan asma ialah untuk menghilangkan dan mengendalikan gejala asma, mencegah eksaserbasi akut, meningkatkan dan mempertahankan fungsi paru seoptimal mungkin, mengupayakan aktivitas normal termasuk olahraga, menghindari efek samping obat, tentunya mencegah kematian karena asma.

Selain itu, pengidap asma juga perlu mengetahui betul cara untuk mengenali hal-hal yang bisa memicu asma agar bisa menghindarinya. Meskipun bisa di redakkan dengan inhaler, namun jika gejalanya tidak juga membuat keadaan menjadi lebih baik maka harus mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Asma memang jarang terjadi, tetapi jika waktunya sudah kambuh maka risiko terbesarnya hingga bisa membahayakan nyawa. Karena itu mengadopsi pola hidup sehat sangat penting agar asma bisa dikendalikan.

Baiknya juga mengenali dan menghindari pemicunya, mengikuti rekomendasi yang sudah direncanakan dokter, mengenali serangan asma dan langkah utama sebagai pengobatannya hingga memonitor kondisi saluran pernapsan.

Jika memang tanda yang sudah disebutkan sedang dialami saat ini, Anda bisa mendatangi dokter spesialis paru di RS Sari Asih Cipondoh. Untuk mengetahui jadwal dokter yang ingin dituju bisa mengakses www.sariasih.com atau mehubungi nomer 021-22263738.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. M.Tri Andika , Sp.THT - KL
dr. M.Tri Andika , Sp.THT - KL
THT
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Winda Rahmah Darman , SpN
dr. Winda Rahmah Darman , SpN
Saraf
dr. Debi Febriani , Sp.P
dr. Debi Febriani , Sp.P
Paru
dr. Bagus Baskoro , SpU
dr. Bagus Baskoro , SpU
Urologi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok