Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Arthritis, Salah Satu Penyebab Umum Nyeri Lutut

18 Sep, 2023

SARIASIH.com - Arthritis, atau yang lebih dikenal sebagai radang sendi, adalah kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ini adalah kelompok penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sendi-sendi tubuh, salah satunya lutut.

Jika tidak ditangani, arthritis dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dengan cara yang signifikan, membatasi mobilitas dan menyebabkan nyeri yang kronis.

Dokter Konsultan Rematologi dari RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Linda Kurniaty Wijaya, SPPD-KR, menyebutkan ada berbagai jenis arthritis, dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda sehingga pengobatan untuk arthritis tidaklah sama.

Beberapa penyebab arthritis antara lain :

  1. Osteoarthritis (OA)

Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum terjadi. Ini terjadi ketika kartilago, jaringan pelindung yang melapisi ujung tulang di sendi, mengalami kerusakan  seiring waktu. Faktor-faktor seperti usia, cedera sendi, dan keturunan dapat berperan dalam perkembangan OA.

  1. Arthritis Reumatoid (RA)

Arthritis reumatoid adalah bentuk arthritis yang bersifat autoimun. RA bila tidak diobati  dapat menyebabkan keradangan dan kerusakan sendi yang bersifat menetap.  Penyebab pasti RA belum diketahui, tetapi faktor genetik dan lingkungan diyakini memainkan peran penting.

  1. Arthritis Gout

Gout adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam sendi. Ini sering terjadi pada kaki, terutama di ibu jari kaki, meskipun dapat mengenai sendi lainnya. Hal ini dapat dipicu oleh pola makan tertentu dan sering merupakan faktor genetik.

Gejala Arthritis

Gejala arthritis bervariasi tergantung pada jenisnya, tetapi beberapa gejala umum meliputi:

  • Nyeri dan pembengkakan pada sendi yang terkena.
  • Kemerahan dan panas di sekitar sendi yang meradang.
  • Keterbatasan gerakan dan kekakuan sendi, terutama setelah istirahat.
  • Kelemahan otot di sekitar sendi yang terkena.
  • Deformitas sendi pada tahap yang lebih lanjut dari arthritis.

Dengan mengetahui penyebab artritis dari dini, menjalani pengobatan yang tepat dan menjalani gaya hidup yang sehat,  banyak orang yang hidup dengan arthritis dapat mengelola gejala mereka dengan baik dan tetap aktif dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Jangan ragu untuk mencari bantuan medis di RS Sari Asih terdekat jika anda atau orang yang dikenal mengalami gejala arthritis atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengobatannya.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Rani Handayani , Sp.PM
drg. Rani Handayani , Sp.PM
Penyakit Mulut
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
Anak Neonatologi
dr. Mimin Supriatin , SpN
Saraf
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok