Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Apakah Ponsel Bisa Menyebarkan Virus Corona?

06 Apr, 2020

SARIASIH.com  - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini ternyata tidak hanya menyebarkan virus dengan mudah, namun ternyata virus tersebut juga dapat bertahan di permukaan benda-benda mati.

Terlebih terdapat informasi yang menyebutkan jika virus corona bisa bertahan di permukaan benda lebih lama dari yang kita kira. Mulai dari hitungan jam hingga ada yang berhari-hari, contohnya saja sarung tangan medis, kardus, kaca hingga kertas.

Berdasarkan data yang dipublikasikan Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyebutkan virus corona berpotensi bertahan di permukaan benda selama 17 hari.

Hal tersebut jelas membuat pengguna telepon genggam khawatir akan penularan yang terjadi. CDC juga menggolongkan ponsel sebagai “high touch surfaces” atau permukaan benda paling sering disentuh manusia.

Benda-benda lain yang termasuk dalam kategori serupa yaitu perlengkapan kamar mandi, toilet, keyboard, tablet, dan permukaan-permukaan benda lain yang mungkin terpercik darah, kotoran atau cairan tubuh.

Karena intensitas disentuhnya tinggi membuat ponsel berisiko menjadi sarang berbagai jenis patogen (parasit yang mampu menimbulkan penyakit pada inangnya). Namun sebenarnya belum ada bukti jika ponsel  turut andil dalam menyebarkan virus corona.

Namun hal tersebut bukan berarti jika membersihkan ponsel secara berkala adalah hal yang berlebihan. Karena ponsel berisiko terekspos cairan tubuh sehingga tingkat kebersihannya perlu diperhatikan.

Dalam sebuah riset menganjurkan jika kita dapat menggunakan pembersih yang mengandung 0,1% sodium hypochlorite (pemutih), atau 62% hingga 71% ethanol, selama satu menit untuk membersihkan ponsel.

Ada beberapa langkah yang bisa diaplikasikan dengan mengikuti rekomendasi untuk membersihkan ponsel dari CDC dan sumber-sumber lain, pertama, bersihkan permukaan dan punggung ponsel secara rutin dengan menggunakan isopropil alkohol 70% atau produk-produk pembersih yang telah terdaftar di Badan Perlindungan Lingkungan (EPA).

Gunakan kain yang halus dengan larutan tersebut dan lap permukaan ponsel dan juga sarung atau case ponsel. Pastikan jika keadaanya sudah dimatikan dan tidak sedang di-charge.

Kedua, gunakan sarung tangan sekali pakai atau sarung tangan medis untuk membersihkan ponsel. Setelah itu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Ketiga, hindari meletakkan ponsel di meja atau permukaan-permukaan benda yang digunakan bersama. Jika ingin menjawab panggilan, gunakan headset bebas genggam atau perangkat Bluetooth untuk meminimalisir kontak ponsel ke wajah.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Henrico Marindian , Sp.OT
dr. Henrico Marindian , Sp.OT
Ortopedi
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
dr. Gustman Lumanda Sitanggang , SpOT
Ortopedi
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
Urologi
dr. Debby Septiana , SpTHT
dr. Debby Septiana , SpTHT
THT
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok