Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Apakah Benjolan pada Payudara Selalu Bahaya?

21 Feb, 2024

SARIASIH.com - Payudara merupakan organ yang rentan akan munculnya aneka benjolan. Disamping dipengaruhi oleh hormon, payudara juga sering terpacu untuk mengalami pembesaran dalam kelenjarnya karena berbagai sebab.

Apakah semua benjolan pada payudara pasti ganas? Dokter Spesialis Bedah RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Amriansyah Pranowo, SpB, menyebutkan jika tidak semua benjolan pada payudara merupakan tanda bahaya, namun penting untuk memeriksakan benjolan pada payudara kepada dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Menurutnya, sebagian besar benjolan pada payudara adalah non-kanker (jinak), tetapi ada kemungkinan bahwa itu bisa menjadi tanda kanker payudara atau kondisi serius lainnya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab benjolan pada payudara menurut dr. Amriansyah Pranowo, SpB:

Kista Payudara: Kista adalah kantong berisi cairan yang dapat terbentuk dalam jaringan payudara. Mereka seringkali non-kanker dan bisa berubah-ubah ukurannya seiring siklus menstruasi.

Fibroadenoma: Ini adalah tumor non-kanker yang umum pada wanita muda. Fibroadenoma biasanya terasa padat dan bergerak bebas di dalam payudara.

Peradangan: Infeksi atau peradangan pada payudara bisa menyebabkan benjolan dan nyeri.

Fibrosis Payudara: Ini adalah kondisi di mana jaringan payudara menjadi padat dan bergerigi. Hal ini seringkali terkait dengan perubahan hormonal dan umum terjadi pada wanita sebelum menstruasi.

Kanker Payudara: Meskipun jarang, benjolan pada payudara juga bisa menjadi tanda kanker payudara. Benjolan yang terus tumbuh, tidak bergerak bebas, atau disertai dengan perubahan pada kulit payudara seperti pembengkakan atau kulit yang berkerut, memerah, atau bersisik, perlu diperiksa oleh dokter secepatnya. 

Deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk kesembuhan yang lebih baik. Jika menemukan benjolan pada payudara atau memiliki perubahan lain pada payudara, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.

Meski tidak selalu berbahaya, dr. Amriansyah Pranowo, SpB, menyarankan untuk tidak juga meremehkannya. “Jangan pernah takut untuk memeriksakan diri ke dokter jika terdapat benjolan khususnya pada payudara baik pria maupun wanita, semakin cepat memeriksakan diri ke dokter maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi pula,” ujar dr. Amriansyah Pranowo, SpB.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. D. Fitria , SpB
Dr. D. Fitria , SpB
Bedah Umum
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
Bedah Umum
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
Bedah Umum
dr. Djaya Perdana , SpB
dr. Djaya Perdana , SpB
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok