Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Apa Itu Vertigo ?

09 Sep, 2020

SARIASIH.com - Vertigo merupakan salah satu bagian dari dizziness (gangguan keseimbangan), dimana seseorang merasa dirinya bergerak/berputar sendiri terhadap lingkungan sekitarnya atau sebaliknya yaitu dimana lingkungan yang bergerak terhadap diri seseorang.

Vertigo terbagi menjadi 2 jenis dengan gejala-gejalanya sebagai berikut :

1. Vertigo Vestibular

Gejalanya : Rasa berputar, serangan terjadi episodik, disertai muntah, bisa disertai atau tanpa disertai gangguan pendengaran, gerakan pencetusnya adalah gerakan kepala, tanpa adanya situasi yang mencetusnya.

2. Vertigo Non Vestibular

Gejalanya : Rasa melayang atau hilangnya keseimbangan, serangan biasanya terjadi terus menerus, tanpa mual/muntah, tanpa gangguan pendengaran, pencetusnya berupa gerakan objek visual dengan situasi pencetus berupa keramaian atau lalu lintas yang padat.

Banyak faktor yang menyebabkan vertigo, diantaranya disebabkan oleh beberapa gangguan yang ada didalam diri penderita, seperti :

1. Gangguan telinga bagian dalam.

Sebagian besar penyakit vertigo terjadi ketika penderita dengan cara tiba-tiba mengubah posisi kepalanya, misalnya penderita bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing yang penderita rasakan akan hilang dengan sendriinya setelah beberapa menit. Vertigo jenis ini dapat terjadi akibat adanya masalah pada telinga bagian dalam anda dan dikenal sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV).

2. Sakit Kepala Migrain

Sakit Kepala Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dapat juga mempengaruhi penglihatan penderitanya. Penyakit Vertigo yang disebabkan oleh Migrain dapat berlangsung beberapa menit bahkan dapat berlangsung hingga beberapa hari.

3. Penyakit Sistem Syaraf Pusat

Gangguan sistem syaraf pusat karena beberapa panyakit, seperti Multiple Sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan penyakit Vertigo

4. Peradangan atau Infeksi

Infeksi yang menyerang tubuh seperti pilek, flu atau yang lainnya dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam dan akhirnya menyebebkan vertigo.

5. Gangguan Penglihatan

Mata selain untuk melihat, juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo

6. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere atau dikenal juga dengan hydrops endolimfatik. Penyakit ini mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai banyak cairan yang akhirnya dapat memperngaruhi keseimbangan tubuh. Rasa pusing yang terjadi dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih

7. Tumor Sudut Cerebellar-pointine

Tumor yang satu ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehinggapada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan buka vertigo akut.

8. Mabuk

Bepergian jarak jauh yang menggunakan kendaraan darat, laut dan udara sering memunculkan masalah mabuk. Mabuk inilah yang bisa memancing datangnya penyakit Vertigo.

9. Posisi Tidur

Bantal kepala yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa mempengaruhi munculnya vertigo dan apalagi jika baru bangun tidur langsung bangun dengan cepat.

Faktor lainnya

Penyakit Vertigo ini dapat juga disebabkan karena : perasaan cemas akibat pengaruh alkohol atau narkoba, terhisap zat kimia, dan berada dalam ruangan yang tertutup dan panas.

Jika anda memiliki gejala-gejala dan faktor penyebab seperti disebutkan diatas, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis terkait, yaitu Dokter Spesialis Penyakit Syaraf .

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
Psikiatri
drg. Eni Fatiha Sumita
drg. Eni Fatiha Sumita
Gigi
dr. Koes Arianti , SpS
dr. Koes Arianti , SpS
Saraf
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Debby Septiana , SpTHT
dr. Debby Septiana , SpTHT
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok