Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Alkohol Berlebihan Sebabkan Gangguan Hati

08 Sep, 2023

SARIASIH.com - Meminum minuman beralkohol bagi sebagian orang mungkin sudah dianggap biasa dan menghangatkan tubuh. Tapi tahukah jika ada bahaya mengancam dibalik kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr Panji Privan, SpPD, menjelaskan konsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu lama dapat merusak fungsi organ hati/liver.

Hal ini dikarenakan alkohol yang telah diminum akan menyebabkan banyak perubahan pada liver seperti penumpukan lemak yang jika terus berlanjut akan menjadi peradangan pada liver dan berproses menjadi fibrosis.

“Yaitu jaringan sel liver normal akan berganti menjadi jaringan parut, ibarat pada kulit luar bekas terluka dan akhirnya menyebabkan stadium akhir pada penyakit liver yang disebut sirosis,” ujar dr Panji Privan, SpPD.

Jika telah sampai pada sirosis, dr Panji Privan, SpPD,mewanti-wanti karena pada tahap tersebut akan menimbulkan banyak gangguan pada tubuh seperti gejala kuning, hingga gejala yang mengancam jiwa seperti muntah darah,

“Hal ini disebabkan liver tidak lagi berproses secara normal dan tidak mampu lagi mengeluarkan zat-zat racun dalam liver,” sebutnya.

Gejala awal minum alkohol berlebihan memang tidak terdeteksi, hanya saja jika sudah berat akan timbul demam dan jika dilakukan pemeriksaan dengan USG maka akan terlihat tumpukan lemak dalam liver.

“Pencegahan terbaik adalah berhenti minum alkohol atau jika masih sulit berhenti sebaiknya dikurangi,” saran dr Panji Privan, SpPD.

Berikut adalah dampak negatif dan berpotensi berbahaya yang ditimbulkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan dan berkelanjutan pada tubuh :

  1. Kerusakan Hati (Sirosis): Kerusakan hati yang parah yang dapat berkembang menjadi sirosis hati yang dapat mengganggu fungsi hati.
  2. Gangguan Sistem Saraf Pusat: Menyebabkan berbagai masalah seperti kerusakan otak, gangguan kognitif, dan gangguan perilaku.
  3. Masalah Kardiovaskular: Meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan aritmia jantung.
  4. Gangguan Pencernaan: Mengiritasi dinding lambung dan usus, menyebabkan gastritis, ulkus, dan gangguan pencernaan lainnya.
  5. Kerusakan Pankreas: Peradangan pankreas yang dapat mengganggu pencernaan dan mengakibatkan rasa sakit yang hebat.
  6. Masalah Mental dan Emosional: Menyebabkan depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya.
  7. Masalah Sosial dan Keuangan: Pecandu alkohol sering mengalami masalah dalam hubungan sosial, pekerjaan, dan keuangan karena perilaku dan kebiasaan konsumsi alkohol mereka.
  8. Kerusakan pada Organ Lain: Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat merusak organ lain seperti ginjal, dan sistem kekebalan tubuh.
Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Teguh Risesa Djufri , spU
Urologi
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
dr. Adityansyah Irendra Nugraha , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
Ortopedi
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
Anak
dr. Edy Sunarto, Sp.S
dr. Edy Sunarto, Sp.S
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok