Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Agar Bayi Sehat, Perhatikan Hal Berikut Ini Selama Kehamilan

09 Aug, 2023

SARIASIH.com – Memiliki bayi sehat adalah pengalaman yang sangat istimewa dan mendalam. Setiap orang tua mungkin menggambarkan pengalamannya dengan kata-kata yang berbeda, tetapi secara umum, memiliki bayi yang sehat sering kali dianggap sebagai kebahagiaan dan keajaiban yang tak ternilai harganya.

Memiliki bayi yang sehat bukan hanya impian, namun bisa dan juga perlu direncanakan. Selama kehamilan, perhatian khusus sangat penting untuk memastikan kesehatan ibu dan perkembangan bayi yang optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan untuk mendapatkan bayi yang sehat :

  1. Nutrisi yang Seimbang: Konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan kalsium sangat penting. Asupan yang baik membantu perkembangan bayi dan kesehatan ibu. Misalnya, asam folat (sayuran hijau, kacang-kacangan, buah dan biji-bijian), sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin.
  2. Pemeriksaan Kehamilan Rutin: Rutin menjalani pemeriksaan kehamilan dengan dokter atau bidan dapat membantu memantau perkembangan bayi dan mendeteksi masalah kesehatan pada ibu.
  3. Olahraga yang Teratur: Berolahraga ringan seperti berjalan atau berenang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran ibu hamil. Namun, perhatikan untuk memilih aktivitas yang aman selama kehamilan.
  4. Pemenuhan Cairan Tubuh: Pastikan ibu hamil tetap terhidrasi dengan cukup minum air setiap hari. Cairan yang cukup, penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin.
  5. Istirahat Cukup: Mendapatkan istirahat yang cukup sangat penting selama kehamilan. Tidur yang baik dapat membantu tubuh memulihkan diri dan mendukung pertumbuhan janin.
  6. Hindari Zat Berbahaya: Jauhi merokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang. Zat-zat ini dapat berdampak buruk pada perkembangan janin.
  7. Kelola Stres: Stres dapat berdampak negatif pada ibu hamil dan perkembangan janin. Menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga atau berdzikir dapat membantu mengurangi stres.
  8. Perhatikan Gaya Hidup: Hindari paparan zat kimia berbahaya dan lingkungan yang berisiko, seperti bahan kimia rumah tangga yang kuat.
  9. Konsultasi dengan Tenaga Medis: Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan anda tentang semua langkah yang perlu diambil untuk menjaga kehamilan yang sehat.

Setiap pertumbuhan bayi akan berbeda. Jika diperlukan, konsultasikan dengan bidan atau ahli medis di RS Sari Asih terdekat untuk mengawasi perkembangan bayi anda selama kehamilan. Hadirkan rasa gembira melihat setiap langkah pertumbuhan dan pembelajaran bayi anda, seperti merangkak atau berbicara pertama kali.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
drg. Nita Adityarini
drg. Nita Adityarini
Gigi
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
Jantung
dr. Djaya Perdana , SpB
dr. Djaya Perdana , SpB
Bedah Umum
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
dr. Estu Ratnangganajati , Sp.KK
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok