Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Daya Ingat Anak

21 Dec, 2023

SARIASIH.com - Setiap orang tua ingin agar anak tumbuh sehat dan cerdas. Dengan demikian seorang anak akan memiliki dampak positif yang signifikan pada kehidupan dan masa depannya.

Anak yang tumbuh sehat dan cerdas dapat membentuk dasar yang kuat untuk kualitas hidup yang lebih baik di masa dewasa sehingga memiliki peluang yang lebih baik untuk mengembangkan potensi penuh untuk mencapai tujuan hidup mereka.

Dengan tumbuh sehat dan mendapatkan stimulasi yang baik seorang anak memiliki potensi untuk meraih prestasi akademis yang lebih baik yang akhirnya berpotensi menjadi anggota masyarakat yang produktif dan berkontribusi.

Untuk itu, nutrisi yang baik sangat memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak, termasuk daya ingat. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat anak:

  1. Ikan: Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal baik untuk perkembangan otak.
  2. Telur: Telur mengandung kolin, suatu nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan daya ingat.
  3. Kacang dan Biji-bijian: Almond, kenari, dan biji bunga matahari mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan otak.
  4. Buah Beri: Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak.
  5. Sayuran Hijau: Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale mengandung folat dan vitamin K, yang dapat mendukung kesehatan otak.
  6. Susu: Susu, yoghurt, dan keju mengandung kalsium dan vitamin D, yang penting untuk perkembangan tulang dan otak.
  7. Serat: Makanan tinggi serat seperti oatmeal dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil, yang berkontribusi pada fungsi otak yang baik.
  8. Cokelat: Cokelat mengandung flavonoid, antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mendukung kesehatan sel-sel otak.

Nah pastikan anak kita mendapatkan makanan seimbang dan beragam untuk memastikan asupan nutrisi yang memadai untuk perkembangan otak dan daya ingatnya.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan gaya hidup sehat secara umum, seperti tidur yang cukup, olahraga, karena semua ini dapat memengaruhi kinerja otak anak.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Zaki Praja , M.Kes (Surg), SpB
dr. Zaki Praja , M.Kes (Surg), SpB
Bedah Umum
dr. Nasrul Liza, Sp.BD(K)
dr. Nasrul Liza, Sp.BD(K)
Bedah Digestif
dr. Timur Syarifuddin , spM
dr. Timur Syarifuddin , spM
Mata
dr. Nunki Andria , Sp.A
dr. Nunki Andria , Sp.A
Anak
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
dr. Yanti Susianti , SpA (K)
Anak Neonatologi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok