Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

5 Manfaat Hidup Sehat

09 Oct, 2020

SARIASIH.com - Hidup sehat kini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Mulai dari sebatas coba-coba hingga benar-benar melakukannya. Tak sedikit pula yang  pergi ke dokter untuk berkonsultasi tentang bagaimana menjalankan hidup sehat yang benar. Pola hidup sehat adalah sebuah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dilakukan dengan cara mebiasakan diri untuk mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Lalu apa saja manfaat dari pola hidup yang sehat?

  1. Mengontrol berat badan
    Manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan gaya hidup sehat di antaranya dapat membuat berat badan lebih terjaga. Makanan yang dikontrol dan tidak sembarangan yang dimakan dapat menghindari asupan lemak, kolesterol dan gula yang berlebihan. Belum lagi, olahraga teratur dan tidur yang cukup kian membantu kelancaran metabolisme tubuh dan membuat penyerapan gizi lebih maksimal.
  2. Meningkatkan mood
    Manfaat kedua dari hidup sehat adalah dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Hasil studi yang dilansir dalam American Journal of Health Behavior menyatakan gaya hidup sehat yang merupakan gabungan dari pengaturan makan yang lebih sehat, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat. Dampak baiknya, proses berpikir lebih lancar  dan suasana hati lebih gembira.
  3. Mencegah penyakit berbahaya
    Pola hidup sehat yang benar juga dapat  menghindarkan  Anda dari risiko terjangkit beragam penyakit berbahaya. Tim Kesehatan dari Mayo Clinic menjelaskan konsumsi makanan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan lebih maksimal. Tubuh akan menerima asupan gizi secara merata, sehingga masing-masing dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan tak mudah mengalami berbagai macam penyakit berbahaya.
  4. Meningkatkan energi
    Aturan makan yang tepat dan sehat akan membantu peningkatan produksi energi yang ada dalam tubuh. Jika hal tersebut diimbangi dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup dapat membantu memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh secara lebih optimal. Tubuh pun akan memiliki pasokan energi yang cukup untuk melangsungkan aktivitas sehari-hari.
  5. Memperpanjang usia
    Manfaat terakhir dari gaya hidup sehat ini dapat diketahui dari tingginya angka harapan hidup. American Council melakukan studi selama delapan tahun. Studi ini melibatkan 13.000 orang yang mana berhasil membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan jalan kaki setiap 30 menit dapat memperpanjang kesempatan mereka untuk hidup lebih lama. Jika hal itu diimbangi dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, maka proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal. Tubuh pun lebih sehat dan tak mudah sakit.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
dr. L. Eka Purwani , SpGK
dr. L. Eka Purwani , SpGK
Gizi
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
Gizi
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
Gizi
dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati , SpGK
dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati , SpGK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok