Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

4 Manfaat Tidur Yang Cukup Bagi Kesehatan

02 May, 2020

SARIASIH.com - Agar terhindari dari berbagai penyakit, terutama sakit karena virus dan bakteri ada banyak kebiasaan yang dianjurkan. Bukan hanya memborong dan meminum vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup menjadi bagiannya.

Tidur selama sekitar 6 sampai 8 jam disarankan oleh banyak ahli kesehatan. Sementara anak-anak disarankan sekitar 10 jam. Aktivitas yang sebenarnya mudah dilakukan tetapi sering dilanggar ini mempunyai banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain diuraikan di bawah ini.

  1. Mengurangi Nafsu Makan

Orang yang kurang tidur, baik anak-anak atau dewasa beresiko mengalami obesitas. Mengapa? Karena tidur menjaga hormon yang membuat Anda merasa lapar dan kenyang tetap seimbang. Selain itu, saat tidur kebutuhan tubuh akan kalori juga menurun karena aktivitas berkurang.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan banyak penelitian, orang yang tidurnya kurang dari 6 jam sehari daya tahan tubuhnya lebih buruk dibandingkan yang cukup.

Ini dikarenakan selama tidur, seharusnya tubuh mengeluarkan sitokin yang memberi perlindungangan terhadap imunitas.

  1. Mempertajam Ingatan

Saat tidur, otak seseorang akan memproses, memperkuat, dan menggabungkan semua kejadian dalam sehari. Saat tidur berkurang, proses tersebut tidak akan dalam. Itu sebabnya, orang yang kurang tidur ingatannya tidak setajam orang yang sebaliknya.

  1. Membantu Pertumbuhan Badan

Tidak hanya untuk anak-anak, saat tidur tubuh mengeluarkan hormon yang mendukung pertumbuhan. Hormon ini mendukung dan memperbaiki sel yang rusak dan meningatkan massa otot. Akibatnya, orang yang cukup tidur akan terlihat lebih segar daripada yang tidak.

Cukup penting bukan manfaat tidur bagi tubuh Anda? Yuk, jangan remehkan aktivitas yang satu ini!

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Suryadi Firmansjah , Sp. JP
dr. Suryadi Firmansjah , Sp. JP
Jantung
drg. Rica Octaviani
Gigi
drg. SRI ISTIANAH
drg. SRI ISTIANAH
Gigi
dr. Patricia , Sp.S
dr. Patricia , Sp.S
Saraf
dr. Syarief Hidayat Soeriasaputra , Sp,.J.P
Jantung
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok