Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

10 Makanan Sehat yang Baik Untuk Otak

05 Oct, 2023

SARIASIH.com - Makanan yang dikonsumsi dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan otak. Memilih makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan melindungi otak dari berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah 10 makanan sehat yang baik untuk otak :

  1. Ikan Berlemak: Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel adalah sumber omega-3 asam lemak yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang baik. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan mendukung pertumbuhan sel-sel saraf.
  2. Buah-Buahan dan Sayuran Berwarna-Warni: Buah-buahan dan sayuran seperti blueberry, stroberi, bayam, brokoli, wortel, dan tomat mengandung antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan sel dan peradangan.
  3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian: Kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang mete, dan biji chia mengandung lemak sehat, serat, dan vitamin B yang mendukung fungsi otak yang baik.
  4. Dark Chocolate: Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi mengandung flavonoid, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kognisi.
  5. Teh Hijau: Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang dapat meningkatkan fokus, perhatian, dan daya ingat.
  6. Telur: Telur adalah sumber protein dan kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan sel-sel otak dan memori yang kuat.
  7. Minyak Zaitun: Minyak zaitun extra virgin mengandung lemak sehat dan antioksidan yang mendukung kesehatan otak dan memperbaiki fungsi kognitif.
  8. Gandum Utuh: Roti gandum utuh, sereal, dan pasta mengandung serat kompleks dan vitamin B yang dapat membantu menjaga tingkat energi otak yang stabil.
  9. Yogurt dan Probiotik: Yogurt dengan probiotik mengandung bakteri sehat yang dapat memengaruhi kesehatan usus dan melindungi otak dari peradangan.
  10. Kurma dan Kenari: Kurma mengandung gula alami dan serat, sementara kenari mengandung lemak sehat, protein, dan nutrisi penting untuk otak.

Selain makanan di atas, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan menghindari makanan olahan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Air juga sangat penting untuk hidrasi otak yang baik.

Mengintegrasikan makanan-makanan sehat ini ke dalam diet yang sedang dijalani dapat membantu mendukung kesehatan otak Anda dan menjaga kognisi yang baik sepanjang hidup Anda.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
Bedah Umum
dr.. Widya Kurnia , SpOG
dr.. Widya Kurnia , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Nadia Octarya , SpOG
dr. Nadia Octarya , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Ivan Kurnianto Prabowomukti,. Sp.N
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok