Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

10 Cara Mencintai Otak Anda

05 Oct, 2023

Merawat otak adalah investasi jangka panjang dalam kesehatan dan kualitas hidup kita. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan berkinerja tinggi sepanjang hidup Anda.

  1. Berolahraga

Mulailah berolahraga teratur khususnya yang memacu denyut jantung dan meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh. Beberapa studi menemukan hubungan yang kuat antara aktivitas fisik dan menurunnya risiko kepikunan.

  1. Membaca Buku

Pendidikan formal pada umur berapapun bermanfaat menurunkan risiko kepikunan. Ambillah kelas, baik di komunitas, sekolah lokal, maupun daring.

  1. Berhenti Merokok

Studi membuktikan bahwa merokok meningkatkan risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif. Berhenti merokok dapat menurunkan risiko tersebut sampai ke level yang setara dengan orang yang bukan perokok.

  1. Jaga Jantung Anda

Riset yang meneliti faktor risiko untuk penyakit jantung dan stroke yaitu obesitas, tekanan darah tinggi dan penyakit gula ternyata adanya keterkaitan pada kesehatan kognitif. Jaga jantung anda maka otak Anda pun akan terpelihara.

  1. Cegah Benturan di Kepala

Cidera di kepala dapat meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif dan demensia. Gunakan sabuk pengaman, pelindung kepala dan berhati-hati agar tidak terjatuh.

  1. Makanan Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang yang tinggi serat (sayur dan buah) dapat menurunkan risiko kepikunan. Diet tertentu seperti mediterania ataupun diet mediteranian dapat berkontribusi menurunkan risiko kepikunan.

  1. Tidur Cukup

Tidak cukup tidur baik akibat kesulitan tidur seperti insomnia maupun adanya sleep apnea dapat menyebabkan gangguan dalam mengingat dan berpikir.

  1. Pelihara Kesehatan Mental

Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara riwayat depresi dengan penurunan fungsi kognitif. Carilah pertolongan medis jika Anda mengalami depresi , kecemasan, atau masalah kesehatan mental lainnya. Juga upayakan untuk mengatasi stress.

  1. Aktif Secara Sosial

Tetap aktif dalam pergaulan sosial mendukung kesehatan otak. Carilah kegiatan sosial yang bermakna untuk Anda. Berperan sertalah dalam kegiatan komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Pertahankan aktivitas di dalam keluarga dan bersama teman-teman.

  1. Tantang Diri Anda

Tantang dan aktifkan pirikan anda. Bermain kartu, menyusun puzzle, dan melakukan sesuatu yang artistik dapat melatih kita untuk berpikir strategis. Hal ini dapat bermanfaat bagi otak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
THT
dr. Dian Kartika Rezia , Sp.U
dr. Dian Kartika Rezia , Sp.U
Urologi
dr. Susan Eviani , Sp.M
dr. Susan Eviani , Sp.M
Mata
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
dr. Poppy Chandra Dewi , SpS, MSc, FIPP, FIN
Saraf
dr. Patricia , Sp.S
dr. Patricia , Sp.S
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok