Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Rumah Sakit Sari Asih Ciputat Luncurkan Klinik Tumbuh Kembang Anak

18 Oct, 2021

SARIASIH.com - Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan klinik fertilitas Indonesia, Rumah Sakit Sari Asih kembali memberikan pelayanan kesehatan terpadu kepada masyarakat khususnya di wilayah Kota Tangerang Selatan dengan menghadirkan klinik tumbuh kembang anak.

Direktur Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, dr Anitya Irna RD, Mkes mengatakan, peluncuran klinik tumbuh kembang anak atau kiddos center dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan terpadu di satu lokasi.

Kehadirannya melengkapi klinik kesuburan yang sebelumnya telah diluncurkan sehingga pelayanan mulai dari masa kehamilan sampai anak tumbuh dan berkembang dapat diperoleh di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat.

"Klinik tumbuh kembang anak sebenarnya sudah operasional dari tahun lalu. Karena pandemi baru kami luncurkan sekarang," ujarnya usai Grand launching klinik tumbuh kembang pada Sabtu (16/10/2021) di Lobby Rumah Sakit Sari Asih Ciputat.

dr Anintya menjelaskan, Kiddos center hadir membantu orangtua mengatasi gangguan kesehatan pada anak.

"Kita lihat anak-anak sekarang pengaruh lingkungan cukup besar ya jadi Pertumbuhan mungkin fisiknya oke-oke saja tapi kita kan ga tau kemungkinan ada gangguan dengan tumbuh kembangnya," ujarnya

“Misalkan interaksi sosial, atau waktu belajarnya ada gangguan, bahkan mungkin jug makannya laki-laki, makannya milih-milih itu kan suatu pertumbuhan yang terganggu yang harus kita pantau dan awasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kiddos center memiliki keunikan yang membedakan dari klinik lainnya yakni holistik atau one stop service.

One stop service yang dimaksud adalah melayani berbagai layanan kesehatan tak hanya secara fisik namun juga gangguan kesehatan karena lingkungan
seperti gangguan gadget, autis dan lainnya.

"Kita lengkap ya mulai dari anak masih dalam kandungan saja sudah bisa Konseling prenatal, kita ada dokter khusus laktasi. Lalu juga semua pelayanan tumbuh kembang anak bisa diperoleh di sini sehingga lebih mudah dan cepat," ungkapnya.

Kepala Dinkes Tangsel dr Alin Hendarlin dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran klinik tumbuh kembang anak di RS Sari Asih Ciputat. Lahirnya Kiddos center sejalan dengan upaya Pemkot Tangsel yang tengah fokus menangani stunting.

"Ikut berperan serta bagaimana menghilangkan efek jangka panjang stunting," ujar dia.

Selain itu Kadinkes juga mengapresiasi pelayanan Rumah Sakit Sari Asih secara holistik atau one stop service. Sehingga memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan mulai dari perencanaan kehamilan sampai tumbuh kembang anak.

“Kita apresiasi, Ini menjawab kebutuhan masyarakat, RS memang harus seperti ini sehingga tak semata-mata berorientasi profit tetapi juga sosial, memperhatikan masyarakat terutama yang membutuhkan pelayanan tersebut,” tukasnya.

Ketua tim klinik tumbuh kembang anak Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, dr. Ferreza Amalia SPA-K mengatakan, salah satu permasalahan dalam tumbuh kembang anak yakni stunting. Stunting adalah masalah gizi pada anak yang sudah kronis.

"Jadi berat badan ga sesuai dengan tinggi badannya, berat badan ga sesuai usianya, tinggi badan ga sesuai usianya. Jadi memang harus diperiksa secara berkala, kita harus melihat dari kurva perkembangan si anak sehingga bisa melihat lebih awal grafik pertumbuhannya," ujarnya.

Untuk menghindari gangguan tumbuh kembang anak, dr Ferreza mengimbau orangtua melakukan deteksi sejak dini.

"Orangtua harus berperan aktif mengidentifikasi tumbuh kembang anak kemudian juga tidak terlambat membawanya ke dokter sehingga dokter bisa mengintervensi sejak dini," ungkapnya.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Tubagus Izzul Barr Yusuf , Sp.B., FINACS, FICS.
dr. Tubagus Izzul Barr Yusuf , Sp.B., FINACS, FICS.
Bedah Umum
dr. Dody Kurniawan , Sp.OT
dr. Dody Kurniawan , Sp.OT
Ortopedi
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
Jantung
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
Kulit & Kelamin
drg. Putri Kumala Santi , SpBM
Bedah Mulut
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok