Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Peringati Hari Jantung Sedunia, RS Sari Asih Group dan Imani Care Gelar Pelatihan BHD (Lifesaver)

02 Oct, 2023

SARIASIH.com - Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 29 September, dunia merayakan Hari Jantung Sedunia. Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung, penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan juga untuk mengedukasi orang-orang tentang tindakan yang dapat mereka ambil untuk menjaga kesehatan jantung mereka sendiri. Salah satu hal yang paling penting yang dapat dipelajari dan praktekkan adalah Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support - BLS).

Bantuan Hidup Dasar adalah serangkaian tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan fungsi vital seseorang ketika mereka mengalami henti jantung atau berhenti bernapas. Dalam situasi-situasi darurat seperti ini, BHD dapat membuat perbedaan besar antara hidup dan mati. Kehidupan seseorang bisa bergantung pada seberapa cepat tindakan BHD dilakukan.

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia, RS Sari Asih Group bekerjasama dengan Imani Care mengadakan pelatihan BHD ke masyarakat awam secara ilmu ataupun tindakan agar dapat diimplimentasikan di lingkungan sekitar, sehingga masyarakat sekitar mengetahui apa saja tindakan dasar terhadap korban henti jantung, Sabtu (30/09/2023).

Diharapkan masyarakat dapat teredukasi dengan adanya pelatihan BHD sehingga mampu mempersiapkan diri menghadapi keadaan musibah menemui korban dengan kondisi gawat darurat yang tak diduga. Dengan demikian, para relawan dan peserta pelatihan dapat membantu korban dengan baik sesuai standar kesehatan.

Dan adapun beberapa edukasi BHD yang digelar di beberapa cabang RS Sari Asih dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia ialah :

  • Mengenali kasus kegawatdaruratan henti jantung
  • Mengetahui langkah-langkah bantuan hidup dasar
  • Mengetahui langkah-langkah penanganan ABC (Airway, Breathing, and Circulation)
  • Mengetahui langkah-langkah tindakan resusitasi jantung-paru (RJP)
  • Memperagakan bantuan hidup dasar
  • Memperagakan penanganan ABC (Airway, Breathing, and Circulation)
  • Memperagakan tindakan resusitasi jantung-paru (RJP)

Sangat penting untuk belajar dan berlatih Bantuan Hidup Dasar secara rutin. Pengetahuan dan keterampilan ini tidak hanya dapat digunakan dalam keadaan darurat jantung, tetapi juga dalam berbagai situasi lain yang memerlukan tindakan cepat untuk menyelamatkan nyawa.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Mata
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
Jantung
dr. Nanda Ladita , SpJP
dr. Nanda Ladita , SpJP
Jantung
drg. Siti Uliyah
Gigi
dr. TB Ferdi Fadillah , SpA
dr. TB Ferdi Fadillah , SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok