Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pentingnya Kesehatan Kulit Bayi, MAKUKU Edukasi Di 20 Posyandu Bareng RS Sari Asih Ciputat

30 Jun, 2023

sariasih.com - MAKUKU melalui Rumah Sakit Sari Asih Ciputat bekerjasama dengan 20 Posyandu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) memberikan edukasi mengenai kesehatan kulit.

 
Dokter dari RS Sari Asih Ciputat, Dr. dr. Fitriyati Irviana dalam keterangannya, Rabu mengatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk pengadaan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat.  

Posyandu merupakan fasilitas kesehatan yang dikhususkan untuk menaungi masalah kesehatan dan perkembangan bayi dan balita. Oleh karena itu, penyuluhan kesehatan bayi secara mendasar dapat dimulai dari Posyandu, termasuk masalah kulit yang sering dialami anak sejak lahir.

Sementara itu Bidan RS Sari Asih Ciputat, Risca Tria Wulandarari, Amd. Keb, mengatakan kulit bayi sangat rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kering, kemerahan, bersisik, ataupun gatal. 

Itu sebabnya, Ibu perlu mengetahui cara merawat kulit bayi yang tepat agar kulit bayi tetap sehat. Selain menjaga kebersihan kulit bayi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah rutin mengganti popok bayi. Popok bayi yang terlalu lama digunakan dapat menimbulkan iritasi kulit. Ibu disarankan untuk mengganti popok bayi setiap 4 jam.

CEO MAKUKU Indonesia, Jason Lee mengatakan kesehatan si kecil merupakan hal yang mendasar untuk mendukung tumbuh kembangnya. MAKUKU berupaya mempermudah Ibu untuk mendapatkan edukasi mengenai kesehatan Si Kecil melalui kerjasama dengan RS Sari Asih Ciputat. 

Hal ini merupakan bentuk komitmen MAKUKU terhadap peningkatan kualitas kesehatan Si Kecil di wilayah Jabodetabek. Ke 20 Posyandu tersebut diantaranya di Kramat Jati, Pondok Pinang, Ciputat, Sawangan, Limo, Ciparigi, dan Kedung Halang.

Kerja sama ini berupa kegiatan penyuluhan kesehatan gratis termasuk kesehatan kulit anak dan pemeriksaan kesehatan dan tumbuh kembang anak (seperti: timbang BB, ukur panjang badan, ukur lingkar kepala). 

Pembukaan kegiatan penyuluhan gratis di Posyandu ini dihadiri oleh Dr. dr. Fitriyati Irviana, MM dan Risca Tria Wulandarari, Amd. Keb sebagai narasumber untuk penyuluhan. Kedua nara sumber ahli ini berasal dari Rumah Sakit Asih Ciputat. 

Mom Puji, seorang ibu yang mengikuti penyuluhan, berbagi pengalamannya penyuluhan gratis yang diadakan di Posyandu seperti ini penting dilakukan karena Ibu jadi teredukasi mengenai kesehatan bayi. 

“Saya sebagai Ibu berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan sehingga kualitas kesehatan bayi juga semakin meningkat, baik itu perkembangannya maupun kesehatan kulitnya,” katanya. (semut)

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
Bedah Umum
drg. Hafina Sari
drg. Hafina Sari
Gigi
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
Urologi
Ibu. Belinda Agustya Pawidya Putri , M.Psi
Ibu. Belinda Agustya Pawidya Putri , M.Psi
Psikolog Anak
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
dr. Tri Hapsoro Guno , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok