Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Cegah Diskriminasi Sosial

31 Jul, 2023

SARIASIH.com - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Banten bekerja sama dengan Yayasan Amal Maksilofasial (YAM) dan RS Sari Asih Serang, Kota Serang, Banten telah mengadakan operasi bakti sosial gratis bagi balita dan anak-anak penderita sumbing bibir dan sumbing langit-langit.

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu di wilayah Provinsi Banten yaitu Kota Serang, Kab. Serang, Kab. Pandeglang, dan Kab. Lebak. Selama periode pendaftaran yang telah dijadwalkan, ada sebanyak 15 pasien yang berhasil terdaftar.

Dokter bedah mulut dari RS Sari Asih Serang, drg. Santi Anggraini, SpBM, menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai dengan proses screening pasien pada 17-18 Juli 2023, dan dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi pada 20-23 Juli 2023 di RS Sari Asih Serang.

“Pasien untuk operasi bibir sumbing minimal berusia 3 bulan dengan berat badan tidak kurang dari 5 kg dan dalam kondisi kesehatan yang baik. Sementara itu, untuk operasi sumbing langit-langit, pasien minimal berusia 1 tahun dengan berat badan minimal 10 kg dan sehat secara umum,” ujar drg. Santi Anggraini, SpBM.

Program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi pasien penderita bibir sumbing dan celah langit-langit. Operasi ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi fisiologis bagi penderita dan membantu memulihkan kepercayaan diri mereka dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Salah satu orangtua penerima manfaat operasi bibir sumbing, Ibu Lilis, menyatakan bahwa biaya operasi bibir sumbing tidaklah sedikit. Namun, berkat bantuan para donatur, anaknya dapat segera menjalani operasi. Ia mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan kemudahan sehingga operasi bibir sumbing dapat terlaksana dengan lancar.

Semangat kebaikan dari para donatur dan relawan dalam program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, serta mendorong kesadaran akan pentingnya mencegah diskriminasi sosial terhadap penderita sumbing bibir dan sumbing langit-langit.

Dengan bantuan seperti ini, diharapkan bahwa lebih banyak penderita sumbing dapat mendapatkan perawatan yang tepat, serta dapat hidup dengan lebih percaya diri dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial masyarakat.

“Semoga Allah SWT memberikan berkah atas sumbangan yang telah diberikan, dan semoga para donatur diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan mereka, Aamiin,” ucap bu Lilis.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Kiki Ittifakiyah
drg. Kiki Ittifakiyah
Gigi
dr. Etty Farida Mustifah , Sp.KK
dr. Etty Farida Mustifah , Sp.KK
Kulit & Kelamin
drg. Gia Andriani
drg. Gia Andriani
Gigi
dr. Azizah Az Zahra , SpKJ
dr. Azizah Az Zahra , SpKJ
Psikiatri
dr. Yoga Hadi Nugroho , SpDV
dr. Yoga Hadi Nugroho , SpDV
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok