Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Jangan Anggap Remeh Gigi Berlubang, Bisa Sakit Jantung!

20 Jan, 2022

SARIASIH.com  - Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri dalam mulut yang secara alami berkembang biak dan membentuk plak. Hal ini timbul karena kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur dan juga akibat konsumsi gula yang berlebihan. Ada banyak bahaya yang mengintai jika tidak dicegah atau diatas.

Dokter Gigi Rumah Sakit Sari Asih Karawaci, drg. Astrid Diwiyacitra. CI , menyebutkan selain kebiasaan menyikat gigi yang teratur cara menyikat gigi yang benar juga perlu diperhatikan. Menyikat gigi dengan terburu-buru dapat menyebabkan sisa makanan tertinggal di dalam mulut dan jika kelamaan akan menyebabkan plak.

“Anak-anak atau bisa juga orang dewasa sering menyikat gigi terburu-buru karena harus pergi ke sekolah atau bekerja, akibatnya, sikat gigi tidak menyentuh dengan baik sela-sela gigi hingga bagian sudut mulut,” ujar drg. Astrid Diwiyacitra. CI

Cara yang benar menyikat gigi sudah dijelaskan drg. Astrid Diwiyacitra. CI, ialah dengan menyesuaikan waktu terlebih dahulu dengan gigi geraham melalui gerakan memutar selama kira-kira 20 detik untuk bagian atas. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan ke atas dan ke bawah dari batas gusi hingga sisi atas selama kurang lebih 20 detik. Hal sama dilakukan untuk permukaan luar gigi maupun dalam agar sisa makanan tersapu semua.

“Ada juga aturan dalam menggosok gigi yang patut diperhatikan. Jadikan rutinitas, jangan buru-buru, jangan menggosok terlalu keras, pilih sikat yang lembut, cukup dua kali sehari jangan lebih, dan ganti sikat gigi secara rutin,” sebut drg. Astrid Diwiyacitra. CI

Dokter Astrid pun mewanti-wanti jika abai dengan aturan-aturan tersebut. Dia, ada bahaya yang mengancam jika terjadi keluhan. Seperti gigi berlubang, karies gigi sampai kanker mulut.

“Gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan akan menyebabkan keluhan lain yang berbahaya, karena dapat mempengaruhi organ lain seperti jantung dan menyebabkan stroke,” terang drg. Astrid Diwiyacitra. CI

Pentingnya perawatan gigi disertai dengan cara menyikat gigi yang benar dapat meminimalisir keluhan sakit gigi. Sakit gigi sering dianggap sepele. Namun siapa sangka jika sudah terjadi keluhan, sakitnya dapat membuat kelimpungan bagi yang mengalaminya. Segera atasi keluhan gigi anda ke dokter terdekat yang sudah terpercaya.

Periksakan kesehatan gigi secara rutin di fasilitas kesehatan Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat.

 

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr.. Widyastuti, Sp.M
dr.. Widyastuti, Sp.M
Mata
dr. Fitri Wisnuwardani , Dr. Sp.M
dr. Fitri Wisnuwardani , Dr. Sp.M
Mata
Drg. Mayanthi Shatrina
Drg. Mayanthi Shatrina
Gigi
drg. Fitri Lenggo Geni
Gigi
dr. Virginia Nuriah Hikmawati , SpP
dr. Virginia Nuriah Hikmawati , SpP
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok