Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Paket Medical Check Up Screening TBC Advance

Mulai dari Rp 2.145,000

Pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui adanya penyakit paru – paru meliputi MCU screening TB basic disertai tes IGRA. Dalam pemeriksaan ini terdapat pemeriksaan rongen dada yang berfungsi untuk mengetahui adanya kemungkinan gangguan pada jantung ataupun paru, seperti : pembengkakan jantung (Kardiomegali), anomali posisi jantung (Dextrokardia), adanya cairan di paru-paru/selaput paru (Edema Paru, Efusi Pleura), infeksi paru-paru (TB, Bronkitis, Bronkopneumoia dll), kerusakan jaringan paru, ataupun kasus terperangkapnya udara dalam rongga dada yang menyebabkan paru-paru tertekan (Pneumothorax). Dalam paket pemeriksaan ini, juga dapat memberikan informasi kemungkinan adanya infeksi dari pemeriksaan darah.

Untuk memastikan apakah seseorang menderita penyakit Tuberkulosis Paru, harus dilakukan pemeriksaan dahak sebanyak 3 kali (dikenal dengan pemeriksaan dahak SPS). Pemeriksaan dahak penting untuk menegakkan diagnosis, menilai keberhasilan pengobatan dan menentukan potensi penularan.

Pemeriksaan dahak juga untuk penegakan diagnosis pada semua tersangka TB dengan mengumpulkan 3 spesimen yang dikumpulkan dalam dua hari kunjungan yang berurutan berupa dahak sewaktu-pagi-sewaktu (SPS) :

1. S (sewaktu)

Dahak dikumpulkan pada saat pasien TB datang berkunjung pertama kali. Pada saat pulang, pasien membawa sebuah pot dahak untuk mengumpulkan dahak pada pagi di hari kedua

2. P (pagi)

Dahak dikumpulkan dirumah pada pagi hari kedua, segera setelah bangun tidur. Pot dibawa dan diserahkan sendiri kepada petugas.

3. S (sewaktu)

Dahak dikumpulkan pada hari ke dua, saat menyerahkan dahak pagi.

Salah satu tes yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit TBC adalah tes darah yang disebut dengan interferon gamma release assay, atau biasa disingkat IGRA. Tes IGRA adalah tes darah yang dilakukan untuk melihat keberadaan bakteri penyebab tuberkulosis dalam tubuh seseorang. IGRA merupakan pemeriksaan lanjutan yang biasanya dilakukan setelah dokter mengenali adanya tanda-tanda yang dicurigai sebagai gejala khas TBC.

Anda dapat mengkonsultasikan langsung terhadap dokter spesialis paru Anda, dan dokter Anda akan membacakan serta menjelaskan hasil dari pemeriksan yang sudah dijalankan. Kemudian dokter Anda akan memberikan rekomendasi lebih lanjut berdasarkan dari hasil pemeriksaan yang sudah dijalankan.

Isi Paket Screening TBC Advance

✔ Konsultasi dokter Paru

✔ Laboratorium (Hematologi Lengkap)

✔ Radiologi (Rontgen Thorax)

✔ BTA SPS

✔ Test IGRA

Tersedia di RS Sari Asih :

✔ RS SARI ASIH KARAWACI

✔ RS SARI ASIH CILEDUG

✔ RS SARI ASIH SANGIANG

✔ RS SARI ASIH SERANG

✔ RS SARI ASIH CIPUTAT

✔ RS SARI ASIH CIPONDOH

Paket MCU Lainnya


Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok