Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Yuk Ketahui Seputar Kutil Kelamin Lebih Dalam

09-09-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Umumnya kutil tumbuh pada jari tangan atau telapak kaki, namun selain itu kutil juga dapat muncul di area yang sangat vital, yaitu alat kelamin atau biasa disebut sebagai kutil kelamin.

Permasalahan kulit yang dalam dunia medis disebut kondiloma akuminata ini, disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV).

Seseorang yang sudah aktif secara seksual lebih berisiko mengalami kutil kelamin. Terlebih bagi mereka yang berhubungan intim dengan orang yang terinfeksi HPV dan  lebih dari satu pasangan tanpa menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom.

Menurut dr. Sotya Prasari, M.Sc, SpKK, dokter spesialis kulit kelamin di RS Sari Asih Karawaci hal tersebut bisa ditandai dengan ukuran, warna dan jumlahnya.

 “Gejalanya timbul benjolan daging kecil berwarna merah atau bergerombol banyak dan tampak seperti kembang kol yang tumbuh di sekitar kelamin” tutur dokter yang menempuh pendidikan profesi dokternya di Universitas Gadjah Mada.

Pada pria, kutil kelamin berada di daerah penis dan sekitarnya. Sedang pada wanita, kutil tumbuh di dalam atau luar vagina, area sekitar vagina dan juga pada leher rahim (serviks). Secara risiko, ternyata wanita justru yang lebih banyak menularkan kutil kelamin daripada pria.

Keberadaan kutil kelamin diawal memang tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri, namun lama kelamaan akan menimbulkan rasa gatal dan tentunya tidak nyaman. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak semua penderita dapat menjaga daerah kelamin tetap kering, sehingga ketika kondisinya basah kutil akan terus bertambah dan pada akhirnya tidak kunjung sembuh.

“Apabila timbul gejala dari kutil kelamin sebaiknya diobati, karena bila tidak diobati akan timbul beberapa komplikasi dan terlebih kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual” tutup dr. Sotya.

 

Penulis: Dina Syelvila

Editor: dr. Sotya Prasari, M.Sc, SpKK

 

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok