Waspada Cacar Monyet!

27-05-2019

Bagikan :

SARIASIH.com - Kali pertama cacar monyet menjadi buah bibir masyarakat Indonesia ketika otoritas Singapura mengumumkan penemuan penyakit itu dinegaranya. Kepala Dinas Kesehatan kota Batam langsung mengambil tindakan untuk memindai setiap WNI dan warga asing yang baru memasuki Batam.

Cacar air menjadi perhatian karena sifatnya yang menular. Penyakit tersebut disebabakan oleh virus yang ditularkan ke manusia dari berbagai hewan, termasuk binatang liar seperti tikus dan primata. Namun hal tersebut juga memiliki peluang tersebar melalui penularan dari manusia ke manusia.

Gejala yang ditimbulkan menyerupai cacar air, seperti demam dan gangguan pernafasan. Cacar monyet bisa menjadi bahaya jika sudah pada tahap pernafasan.

Ada hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan, seperti menerapkan perilaku hidup sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan terlebih setelah kontak dengan hewan.

Selain itu membatasi kontak fisik dengan orang yang terinfeksi juga perlu diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus dan tidak lupa untuk melakukan vaksinasi terleboh dahulu sebelum melakukan destinasi perjalanan.

Coming Soon
Ok