Waspada Bedak Tabur Pada Bayi

11-11-2019

Bagikan :

SARIASIH.com - Penggunaan bedak bagi bayi sampai saat ini masih menjadi sesuatu yang lumrah bagi sebagian ibu. Ada berbagai alasan jika ditanyakan, mulai dari tidak afdhal, membuat bayi jadi lebih wangi hingga bisa menghilangkan biang keringat.

Namun kini pemakaian bedak tabur menjadi pro kontra, karena beberapa tahun lalu tersiar kabar bahwa terdapat salah satu merk peralatan bayi yang memproduksi bedaknya dengan menggunakan kandungan yang membahayakan.

Kandungan tersebut adalah asbestos. Di lansir dari media Tempo, bedak tabur atau yang biasa disebut dengan talc atau talk memang mengandug unsur tersebut. Selian itu lipstik, maskara, bedak wajah, perona pipi juga menggunakan bahan yang sama.

Bukan karena kandungannya yang mengganggu kesehatan anak, melainkan untuk meminimalisir adanya risiko terhirup. Menurut kalangan medis jika terhiurp akan mempengaruhi akses pernapasan.

Pemakaian bedak tidaklah sepenuhnya dilarang, karena ibu pasti merasakan manfaatnya. Namun jika tidak digunakan pun tidak menjadi masalah besar, karena masih ada alternatif lain seperi bedak cair.

Jika permasalahannya ruam pada selangkangan anak, dokter menganjurkan untuk mengganti popok sesering mungkin dan juga merekomendasikan salep yang berbahan minyak jika dibutuhkan.

Coming Soon
Ok