Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Tips Tanagani Mata Kelilipan Secara Mandiri

10-07-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Ketika benda asing masuk ke mata, baik itu sehelai bulu mata, kotoran mata, debu hingga partikel kecil lainnya membuat indera penglihatan tersebut jadi tidak nyaman. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya, namun hal tersebut menjadi cukup serius jika benda asing tersebut tidak keluar atau menyebabkan luka yang cukup dalam pada mata.

Benda asing akan bertahan pada konjungtiva, selaput bening yang melapisi bagian putih bola mata dan bagian dalam kelopak mata. Hal tersebut membuat mata mengalami iritasi kemerahan, nyeri dan keluar air mata.

Karena sangat menganggu, tidak jarang mengucek mata dianggap sebagai solusi yang tepat. Padahal, sebenarnya mengucek mata bisa menyebabkan benda asing menggores kornea mata, selaput bening terluar mata.

Benda asing yang masuk ke mata harus cepat dikelurkan untuk menghindari hal yang lebih serius. Ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan secara mandiri dan tergolong aman. Sebelum menyentuh area mata, dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir.

Setelah itu, coba untuk mengedipkan mata berulang kali. Hal tersebut direkomendasikan karena dapat menurunkan partikel asing dan memicu keluarnya air mata yang mampu membasuhnya keluar dari mata.

Buka mata yang cukup lebar, kemudian diikuti dengan berkedip secara cepat. Hal tersebut dapat dilakukan hingga partikel yang ada dimata keluar dan mata kembali terasa nyaman.

Jika tidak efektif, maka coba untuk tarik kelopak mata. Seringkali benda asing yang masuk ke mata susah untuk dikeluarkan, sehingga menarik kelopak mata sambil berkedip dan memutarkan bola mata dapat mendorong partikel asing untuk keluar.

Selain itu, dapat pula menggunakan cara membenamkan mata di wadah yang berisi air. Pastikan jika air yang digunakan dalam keadaan bersih atau bisa juga menggunakan air yang layak dikonsumsi.

Kedipkan mata berkali pada wadah tersebut. Cara ini juga dianggap cukup ampuh dan tergolong aman untuk menghilangkan benda asing yang terdapat di konjungtiva atau permukaan bola mata.

Ketika semua usaha sudah dilakukan dan benda asing tersebut juga belum keluar, maka coba teteskan obat mata untuk mengatasi kelilipan. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, baca terlebih dahulu petunjuk yang tertera pada kemasan.

Selain ditangani sendiri, ada satu kondisi yang membutuhkan pertolongan medis segera jika benda asing yang masuk berukuran cukup besar dan tidak berhasil dikeluarkan. Datangi Instalasai Gawat Darurat (IGD) RS Sari Asih terdekat untuk mendapatkan penanganan.

RS Sari Asih juga sudah menerapkan protkol kesehatan mulai dari kedatangan, pada saat diruang tunggu dan ketika konsultasi dengan dokter. Hal tersebut membuat jalannya pengobatan dapat berlangsung dengan aman dan tenang.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok