Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Menghindari Penyakit Rabies

27 Sep, 2023

SARIASIH.com - Rabies adalah penyakit yang mematikan yang disebabkan oleh virus rabies dan dapat memengaruhi mamalia, termasuk manusia. Virus ini biasanya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi, terutama anjing.

Pencegahan penyakit rabies sangat penting karena, setelah gejala muncul, penyakit ini hampir selalu berakhir dengan kematian. Berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dari penyakit rabies.

  1. Vaksinasi Hewan Peliharaan

Salah satu langkah pencegahan terpenting adalah memastikan bahwa hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing telah divaksinasi terhadap rabies. Vaksinasi rutin dan tepat waktu adalah cara terbaik untuk melindungi hewan peliharaan dari penyakit ini. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk jadwal vaksinasi yang sesuai.

  1. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

Hindari kontak dekat dengan hewan liar yang tidak dikenal, terutama jika mereka tampak sakit, bermasalah, atau berperilaku agresif. Rabies dapat menyebar melalui gigitan, cakaran, atau kontak langsung dengan air liur hewan terinfeksi.

  1. Laporkan Gigitan Hewan Segera

Jika digigit oleh hewan, terutama jika hewan tersebut tampak sakit atau memiliki perilaku aneh, segera laporkan gigitan tersebut kepada pihak berwenang atau pusat kontrol penyakit setempat. Langkah-langkah pencegahan seperti pemberian vaksin rabies dan perawatan medis dapat segera diambil setelah gigitan untuk menghindari infeksi.

  1. Perawatan Medis Segera Setelah Gigitan

Jika digigit oleh hewan yang dicurigai terinfeksi rabies, segera cari perawatan medis. Vaksinasi rabies diberikan setelah tergigit untuk mencegah virus rabies masuk ke dalam sistem saraf otak pusat. Pemberian vaksin rabies dan imunoglobulin rabies (jika diperlukan) adalah langkah penting untuk mencegah infeksi.

  1. Pengendalian Populasi Hewan Liar

Program pengendalian populasi hewan liar dapat membantu mengurangi penyebaran rabies. Upaya seperti sterilisasi hewan liar dan kampanye vaksinasi hewan liar adalah langkah yang dapat diambil oleh komunitas untuk mengurangi risiko penularan penyakit ini.

  1. Pendidikan tentang Rabies

Pendidikan masyarakat tentang risiko rabies dan tindakan pencegahan yang tepat adalah kunci untuk mengurangi insiden penyakit ini. Kampanye penyuluhan dan informasi tentang bahaya rabies dapat membantu masyarakat mengenali tanda-tanda infeksi rabies dan langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi gigitan hewan.

  1. Perlindungan Diri Saat Bepergian ke Daerah Berisiko

Jika bepergian ke daerah yang memiliki risiko tinggi terhadap rabies, pastikan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai. Ini termasuk menghindari kontak dengan hewan liar, tidak memberi makan atau mendekati hewan yang tidak dikenal, dan menjaga jarak aman dari hewan liar yang terlihat sakit.

Dengan menjalankan langkah-langkah pencegahan ini, kita dapat membantu melindungi diri sendiri, hewan peliharaan, dan masyarakat secara keseluruhan dari penyakit rabies yang mematikan.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
Mata
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
Anak
dr. Subhan Rumoning , Sp.PD
Penyakit Dalam
drg. Fitri Lenggo Geni
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok