Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Mengatasi Batuk Pilek Anak Di Musim Hujan

08 Nov, 2022

SARIASIH.com  - Berdasarkan laman Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), periode musim hujan 2022/2023 di sebagian besar daerah Indonesia diperkirakan maju, atau lebih awal dibandingkan periode normal, yaitu di kisaran bulan September hingga November.

Puncak hujan pun disebagian besar wilayah diperkirakan terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 dengan intensitas normal hingga di atas normal. Intensitas hujan perlu diantisipasi dengan baik agar tubuh dapat tetap terjaga kesehatannya.

Bagi orang dewasa, perubahan cuaca bagi tubuh bisa cepat beradaptasi karena imunitas tubuh yang sudah terbentuk dengan baik. Sementara bagi Ayah Bunda merasa khawatir dengan si kecil.

Hal demikian terjadi karena cuaca yang dingin dan lembab memicu kuman menjadi lebih berkembang sehingga mudah menyerang tubuh anak. Jika tidak bersiap, bisa saja kuman dan virus yang berkembang menyerang kekebalan tubuh anak-anak Ayah Bunda.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Sari Asih Karawaci , Kota Tangerang dr. Iqbal Zein Assyidiqie, SpA , menyebutkan imunitas tubuh anak menjadi lebih rentan di saat musim penghujan. Anak akan mudah mengalami infeksi. Gejala yang lebih sering adalah batuk dan pilek.

Gambar WhatsApp 2022-11-07 pukul 29.11.23

Dan ia pun memberikan beberapa tips agar si kecil tetap bisa ceria dan beraktivitas seperti biasa. Ada beberapa cara untuk mengantisipasi anak agar tidak mudah terserang penyakit, berikut adalah beberapa tips nya :

1. Ajarkan anak agar selalu menjaga kebersihan tangan. Diutamakan dengan menggunakan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer.

2. Ayah Bunda bisa mencium etika batuk dan bersin yang baik pada anak. Ajarkan anak untuk menutup hidung dan mulut jika bersin dan batuk dengan sapu tangan, tisu atau lengan sikunya.

3. Pastikan anak-anak memakai masker terutama saat berada di keramaian.

4. Berikan nutrisi yang seimbang, cairan yang cukup dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh lebih optimal untuk melawan kuman.

5. Dan terakhir, jika diperlukan, bisa diberikan suplemen vitamin. Untuk vitamin apa yang terbaik untuk diberikan, bisa konsultasikan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Iqbal Zein Assyidiqie , Sp.A
dr. Iqbal Zein Assyidiqie , Sp.A
Anak
dr. Widyastuti, Sp.A
dr. Widyastuti, Sp.A
Anak
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
dr. H. Mahruzzaman Naim Sp.A
Anak
dr. Miky Akbar, M.Ked (Ped) , SpA
Anak
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok