Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Tips Mencegah Dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

09 Oct, 2020

SARIASIH.com - Jantung adalah organ penting yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya, menjaga kesehatan jantung itu penting. Bila tidak, berbagai jenis penyakit jantung, seperti aterosklerosis, aritmia, atau serangan jantung bisa menyerang Anda di kemudian hari.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), kunci mencegah penyakit jantung adalah menerapkan gaya hidup sehat. Alasannya, dengan hidup lebih sehat, Anda dapat menjaga tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah tetap normal. Ini artinya, Anda menurunkan berbagai risiko penyakit kardiovaskuler.

Supaya lebih jelas simak beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung dengan menerapkan pola hidup yang sehat sebagai berikut :

  1. Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Mencegah penyakit jantung berarti menurunkan berbagai risiko penyakit jantung. “Anda bisa mengurangi risiko penyakit ini dengan makan makanan yang baik untuk jantung setiap hari,” ujar Julia Zumpano, RD, LD, seorang ahli diet kardiologi pada situs Cleveland Clinic.

Nah, beragam jenis makanan yang membantu menjaga kesehatan jantung dan menghindari penyakit kardiovaskuler, di antaranya:

  • Ikan kaya omega 3, seperti salmon, tuna, atau bandeng yang berpotensi mencegah peradangan pada pembuluh darah.
  • Kacang tinggi omega 3, seperti almond atau kenari dapat menjaga jantung selalu sehat.
  • Buah stroberi, raspberry, atau blueberry yang kaya antioksidan untuk mengurangi radikal bebas.
  • Oat, biji rami, dan biji chia yang tinggi serat dan omega 3 baik berpotensi meningkatkan kesehatan jantung.
  • Kacang kedelai, edamame, dan kacang hitam yang kaya isoflavon, vitamin B, dan serat yang baik untuk jantung.
  • Sayur-mayur, seperti bayam, selada, wortel, brokoli, dan ubi jalar mengandung vitamin C, kalium, dan folat dapat mendukung fungsi jantung.
  1. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Sebaliknya, jika Anda malas olahraga, risiko berbagai penyakit akan semakin tinggi, termasuk penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu, menghindari penyakit jantung juga bisa dilakukan dengan cara berolahraga setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu.

Semua olahraga pada dasarnya baik. Namun, sebagian ada beberapa olahraga yang dapat menyehatkan jantung seperti berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, atau latihan angkat beban.

  1. Menjaga ideal berat badan

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencegah penyakit jantung, cara yang harus Anda lakukan adalah menjaga berat badan tetap idel. Ini menandakan bahwa Anda tidak boleh kelebihan maupun kekurangan berat badan. Caranya, Anda bisa mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang rendah kalori. Lalu, imbangi dengan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga setiap hari. Pasalnya, jika tidak membiasakan diri mempraktekkan gaya hidup sehat, lemak tubuh akan menumpuk dan menyebabkan obesitas.

Tindakan pencegahan penyakit jantung ini bisa Anda lakukan dengan rutin olahraga dan menghindari makanan terlalu banyak. Di samping itu, kurangi kebiasaan menonton TV terlalu lama. Kebiasaan ini membuat Anda duduk selama berjam-jam sambil mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Alhasil, berat badan jadi naik dan peredaran darah juga terganggu. Risiko terkena penyakit jantung akan jadi lebih besar.

  1. Rutin minum air putih

Air putih menjadi salah satu cara untuk mencegah resiko penyakit jantung yang cukup ampuh, tapi sering kali dipandang sebelah mata. Tindakan pencegahan penyakit jantung ini dilakukan karena dehidrasi (kurang cairan tubuh) berdampak buruk bagi jantung. Ketika Anda dehidrasi, jumlah darah dalam tubuh akan berkurang. Untuk mengimbanginya, jantung akan berdetak lebih cepat.

Tubuh juga menyimpan lebih banyak natrium membuat darah menjadi lebih tebal dan menyulitkannya bersirkulasi dengan baik. Kinerja jantung dalam memompa darah akan jadi semakin berat. Itulah sebabnya, Anda harus cukup minum setiap hari untuk mendukung kinerja jantung.

  1. Pintar mengelola stres

Stres adalah hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh semua orang. Masalahnya, bukanlah apa yang menyebabkan stres, tapi bagaimana Anda meresponnya. Saat Anda sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi hormon adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, dalam jangka panjang tekanan darah bisa meningkat dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada jantung. Jadi, cara mencegah penyakit jantung terkait hal ini adalah pintar-pintar mengelola emosi. Tindakan pencegahan penyakit jantung terkait stres ini bisa Anda lakukan dengan mencoba meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam.

Berbagai masalah pada jantung ternyata bisa disebabkan oleh berbagai kebiasaan buruk. Penerapan kebiasaan yang buruk ini dapat menaikkan kadar kolesterol, tekanan darah, maupun berat badan. Semua efek tersebut merupakan faktor risiko dari penyakit jantung. Jadi, cara ampuh untuk mencegah penyakit jantung adalah menjauhi kebiasaan tersebut.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indra Cahya Kurnia , sp.U
dr. Indra Cahya Kurnia , sp.U
Urologi
DR. dr. Tri Agus Yuarsa , Sp.P(K)Onk,MKes,MARS
DR. dr. Tri Agus Yuarsa , Sp.P(K)Onk,MKes,MARS
Paru
dr. Jefri Effendi , sp.U
dr. Jefri Effendi , sp.U
Urologi
dr. Winarno , SpB
dr. Winarno , SpB
Bedah Umum
drg. SRI ISTIANAH
drg. SRI ISTIANAH
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok