Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat

02 Oct, 2023

SARIASIH.com - Jantung adalah organ yang sangat kuat yang bekerja tanpa henti sepanjang hidup kita. Fungsi-fungsi utamanya ini memungkinkan tubuh kita untuk berfungsi dengan baik, memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi sel-sel tubuh, serta membuang produk limbah, yang merupakan komponen penting dari kesehatan dan kelangsungan hidup kita.

Untuk itu, menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat sangat diperlukan agar dapat menikmati hari-hari yang berkualitas bersama keluarga dan orang tersayang.

Berikut tips & Trik dari Dokter Spesialis Jantung RS Sari Asih Karawaci, dr. Nitia Almaida Asbarinsyah, SpJP, untuk menjaga kesehatan jantung kita tetap sehat dan kuat :

Stop Merokok

  • Merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti, dan hindari paparan asap rokok pasif.

Jaga Tekanan darah tetap normal

  • Pantau tekanan darah dan kolesterol secara teratur. Jika tekanan darah atau kadar kolesterol tinggi, tindakan medis dan perubahan gaya hidup mungkin diperlukan.

Jaga Berat Badan Ideal

  • Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Lakukan diet seimbang dan olahraga teratur untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Rutin Berolahraga

  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda, untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.
  • Tujuannya adalah setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang per minggu atau 30 menit dalam sehari, minimal 3-5 kali seminggu

Kurangi konsumsi makanan manis

  • Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan sereal oatmeal, daripada karbohidrat sederhana yang tinggi gula.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

  • Konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.
  • Kurangi asupan makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti makanan cepat saji dan makanan olahan.
  • Pilih lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

 Periksakan Jantung secara Rutin

  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung dan berkonsultasi dengan dokter jika memiliki faktor risiko penyakit jantung atau riwayat keluarga yang terkait.

 

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Dawny Oktorachman , Sp.M
dr. Dawny Oktorachman , Sp.M
Mata
dr. Yanti Ria , Sp.THT
dr. Yanti Ria , Sp.THT
THT
dr. Muhammad Hafiz Afif , M.Ked (Surg) Sp.B
dr. Muhammad Hafiz Afif , M.Ked (Surg) Sp.B
Bedah Umum
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
drg. Putri Lestari Anggraini , SpKG
Gigi Konservasi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok