Terapkan Gaya Hidup Sehat Saat Berbuka

02-06-2018

SARIASIH.com - Perbincangan mengenai kesehatan bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai angin lalu, terlebih saat Ramadhan. Berbuka dijadikan tempat untuk “balas dendam” karena seharian telah menahan lapar dan dahaga.

Hal tersebut sangat keliru, karena ketika berpuasa seharusnya tubuh mendapatkan haknya. Tubuh memerlukan beberapa asupan untuk membantu pengisian stamina yang hilang setelah kurang lebih empat belas jam lamanya.

Ketika berbuka hal pertama yang perlu difikirkan adalah kehalalan produknya, karena selain hukum ketika dikonsumsi namun label tersebut juga sudah pasti menyehatkan selama tidak berlebih-lebihan. Buah atau sayur bisa pilihan makanan halal yang baik dan menyergarkan dikala berbuka.

Jangan terpancing dengan semua hidangan yang terasa sangat menggiurkan. Di dalam Islam sudah dikatakan bahwa ketika menyantap makanan haruslah sesuai dengan ukuran perut. Karena jika lambung diisi hingga penuh bukan hanya membuat kantuk ketika beribadah, tetapi juga akan menimbulkan penyakit diantaranya diare.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan adab ketika makan. Beliau akan melahap kudapan jika perutnya belum merasakan lapar dan berhenti sebelum kenyang. Apa yang dicontohkan beliau pastilah sangat bermanfaat bagi kesehatan ummatnya.

Dengan memakan tiga kurma ketika berbuka puasa sebenarnya sudahlah cukup, karena kandungan gula di dalam buah yang hanya tumbuh di tanah Arab itu sudah mentransfer energi dari liver (hati) untuk ke seluruh anggota tubuh dan otak.

Selain kurma, makanan atau minuman manis lainnya bisa menjadi alternatif. Tetapi harus diingat zat glukosa dan fruktosa yang terdapat didalamnya memerlukan 5-10 menit untu bisa diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong.

Jika berbuka puasa namun langsung menyantap makanan atau minuman yang kandungan gulanya kurang, maka hal tersebut baru akan diserap oleh lambung selama 3-4 jam. Misalnya saja gorengan.

Selain buah dan sayur, air putih pun tidak kalah pentingnya. Tubuh sangat memerlukan cairan karena untuk menghindari dehidrasi setelah seharian berpuasa. Selain akan menimbulkan rasa segar, air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan organ vital, sistem pencernaan dan keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai pola makan sehat saat bulan Ramadhan, anda bisa mendatangi RS Sari Asih untuk mendapatkan saran dan solusinya. Kami memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com dan jika anda berlokasi di daerah Ciputat, RS. Sari Asih juga menyedikan nomer WhatsaApp 0815 8700 700 untuk memudahkan Anda menghubungi kami.

Coming Soon
Ok