Tembakau Jadi Unsur Utama Penyebab Kematian Dunia

02-06-2018

SARIASIH.com - Tanggal 31 Mei diperingati sebagai hari tembakau sedunia. Peringatan ini digaungkan pertama kali oleh World Health Organization (WHO) dalam rangka mengajak seluruh masyarakat untuk mengetahui dampak buruknya terhadap kesehatan.

Tahun 2018 WHO mengangkat tema “Tembakau dan Penyakit Jantung”. Organisasi kesehatan yang berpusat di Swiss ini akan berkonsentrasi untuk mengkampanyekan terkait adanya hubungan yang erat antara tembakau dengan penyebab utama kematian di dunia seperti penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari laman resmi WHO menyatakan bahwa penggunaan tembakau serta paparan asapnya sangat berkontribusi sekitar 17% dari semua kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan tembakau membunuh lebih dari 7 juta orang setiap tahunnya.

Fakta yang ditemukan 900.000 orang menjadi korban akibat menghirup asap rokoknya saja. Sayangnya hampir 80% dari 1 miliar perokok diseluruh dunia hidup di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah termasuk Indonesia. Hal tersebut sama saja menambah beban negara terkait masalah kesehatan dan kematian terberat yang diakibatkan oleh mengonsumsi tembakau.

Semakin berkembangnya zaman, tembakau tidak hanya identik dengan rokok batangan melainkan bermunculan produk kekinian seperti rokok elektrik atau biasa disebut dengan vape. Fenomena tersebut juga menyasar pada anak-anak dan remaja yang pada umurnya sedang memiliki tingkat keingin tahuan yang tinggi.

Namun tanpa mereka sadari, hal tersebut menempatkan mereka pada risiko untuk menjadi pecandu nikotin seumur hidup. Kondisi darurat ini membuat beberapa negara diantaranya Amerika Serikat tengah mensosialisasikan warganya terkait dengan “Rencana Pencegahan Tembakau Remaja”.

Menurut William Bailey, professor kedokteran di Universitas Alabama, Brimingham mengatakan “Jika Anda mencapai usia 20-an tanpa kecanduan, Anda memiliki peluang besar tidak pernah menjadi pecandu”.

*Sumber

https://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/ucm607935.htm

https://www.webmd.com/smoking-cessation/news/20000822/just-say-no-to-tobacco-or-else#1

http://www.who.int/campaigns/no-tobacco-day/2018/event/en/

Coming Soon
Ok