Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Sering Mual Muntah Jadi Tanda Gangguan Pada Ginjal

17 Mar, 2023

SARIASIH.com  - Ginjal yang sehat adalah ginjal yang berfungsi membuang zat sisa dan udara yang berlebih dari tubuh melalui urin. Selain itu ginjal juga meregulasi tekanan darah dan membantu pembuatan sel darah merah, sekaligus berperan dalam kesehatan tulang.

Sementara sebaliknya, ginjal yang tidak sehat dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kondisi ini tidak begitu saja langsung terlihat atau terdeteksi. Gangguan pada ginjal baru terdeteksi jika sudah berada pada stadium lanjut.

Penyebabnya bisa banyak faktor seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kemudian penyakit lain seperti penyakit infeksi saluran kemih berulang, terdapat batu atau obstruksi misal tumor hingga pembesaran prostat.

Dokter spesialis penyakit di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat , Kota Tangerang Selatan, dr. Laras Budiyani, SpPD , menyebutkan beberapa gejala penyakit ginjal bisa juga tampak dari fisik yang mudah lelah, sesak nafas, perubahan jumlah urin, mual muntah, gatal-gatal hingga terjadi pembengkakan.

d82fa770-fd72-4921-b1e9-5a8b48ca5bb9

“Kondisi tersebut sudah masuk ke stadium lanjut gangguan pada ginjal yang sudah pada tahap kronis,” ujar dr Laras.

Penyakit kronis ginjal menurutnya bisa terjadi pada beberapa orang dengan faktor risiko seperti gula darah yang tidak dilumpuhkan, tekanan darah tinggi, memiliki penyakit jantung, perokok berat, berat badan berlebih dan penggunaan obat yang merusak ginjal dalam jangka panjang.

Upaya pencegahan bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan bisa menekan potensi terjadinya gangguan pada ginjal lebih parah. Olahraga disarankan dr Laras bagi orang yang memiliki faktor risiko.

“Bagi yang memiliki potensi penyakit ginjal kronik baiknya mulai menerapkan pola hidup sehat. Berhenti merokok, usahakan memiliki berat badan yang ideal dengan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat,” tegas dr Laras.

Jika penyakit ginjal pada tubuh baru terdeteksi, dr Laras menyarankan untuk segera melakukan konsultasi pada ahli medis, yang biasanya ahli medis akan melakukan observasi penyebab dan masalah kesehatan yang ada.

“Semisal ada batu yang menghalangi saluran pada kandung kemih maka ada tindakan terapi yang dilakukan sesuai kondisinya,” ujar dr Laras.

Sementara itu salah satu upaya untuk menekan progresivitas penyakit ginjal kronik adalah dengan mengurangi asupan garam serta membatasi asupan protein dan bila sudah terjadi gagal ginjal dengan hiperkalemia (kadar kalium tinggi), harus membatasi makanan yang mengandung kalium tinggi. Kunjungi fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk mendapatkan konsultasi terbaik. 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Penyakit Dalam
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
Penyakit Dalam
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Laras Budiyani , SpPD
dr. Laras Budiyani , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok