Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Menjaga Kadar Kolesterol Itu Mudah

18-05-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Banyak orang yang beranggapan jika kolesterol adalah komponen jahat yang dapat membuat tubuh mengalami penurunan kesehatan, seperti penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.  Padahal sebenarnya kolesterol dalam jumlah normal dapat membuat tubuh menjalankan fungsinya. Penyakit baru akan datang jika kadarnya sudah tidak terkontrol.

Secara komponen, konsistensi dari kolesterol seperti lemak atau lilin. Jika jumlahnya cukup, maka tubuh akan memerlukan kolesterol untuk memperoduksi hormon, vitamin D dan zat lain yang digunakan untuk mencerna makanan.

Sebenarnya tubuh dapat memproduksi kolesterol dengan sendirinya. Karena tubuh merasa jumlahnya sudah terpenuhi, sehingga tambahan kolesterol dari makanan tidak lagi dibutuhkan. Terlebih jika mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, dimana umumnya tinggi lemak jenuh dan bisa membuat seseorang berisiko menderita penyakit berbahaya.

Agar terhindar dari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kadar kolesterol dalam darah, seperti rutin memeriksakan diri ke dokter. Ketika pemeriksaan, dokter akan membaca kadar kolesterol, ketika kadarnya tinggi, maka dokter akan mengingatkan dan menyarankan untuk segera mengadopsi gaya hidup sehat.

Jika memang diberikan obat, maka konsumsi obat tersebut sesuai saran dan dosis yeng diberikan. Terkadang karena bosan, maka seseorang berhenti mengonsumsinya tanpa konsultasi terlebih dahulu. Ada baiknya untuk meminta saran dokter sebelum memutuskan hal tersebut.

Kedua, mengurangi makan tinggi lemak. Untuk mengurangi kolesterol, hindari asupan kaya akan lemak jenuh, seperti daging merah dan susu berlemak serta kaya lemak trans, seperti pada makanan gorengan, junk food, kue-kue manis, camilan kemasan dan es krim.

Adapun makanan yang baik untuk dikonsumsi agar kadar kolesterol tetap normal yaitu buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh. Jika ingin minum susu, maka pilih yang kandungannya rendah lemak atau yogurt untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Ketiga, olahraga secara teratur. Olahraga dianggap menjadi cara yang baik bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Jika belum terbiasa untuk melakukan aktivitas tersebut, pilih hal-hal yang menyenangkan seperti jogging atau bersepeda dengan durasi selama tiga puluh menit dan lakukan sebanyak lima kali dalam seminggu.

Keempat, tidak merokok. Kebiasaan merokok memang susah dihentikan, namun hal tersebut salah satu metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol. Sebenarnya ini adalah hal yang efektif, karena dilihat dari 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung akan kembali normal setelah mengalami lonjakan karena akvitas merokok.

Sehingga jika hal tersebut benar-benar dihentikan dalam kurun waktu tiga bulan, sirkulasi dan fungsi paru-paru akan mulai membaik. Ketika  durasinya lebih lama, seperti satu tahun, maka risiko penyakit jantung menjadi lebih kecil kalau dibandingkan dengan perokok aktif.

Kelima, mencari tahu riwayat kolesterol keluarga. Jika terdapat keluarga kandung yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kadar kolesterol yang dimiliki. Hal tersebut dikarenakan terdapat kondisi gangguan kolesterol yang menurun atau biasa disebut  familial hypercholesterolemia.

Jika masih ingin mengetahui terkait kolesterol atau memang sudah menderita kolesterol tinggi, maka melalui Konsultasi Online, RS Sari Asih memberikan pelayanan kesehatan yang bisa diakses dari rumah.

Pasien dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter yang sebelumnya sudah mengetahui riwayat kesehatan. Jika masih membutuhkan informasi terkait layanan tersebut, maka bisa menghubungi via WhatsApp di 0813-9966-3838.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok