Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengatasi Bau Mulut Ala Dokter Gigi

14 Sep, 2022

SARIASIH.com  - Bau mulut atau dalam bahasa medisnya Halitos merupakan munculnya aroma tidak sedap yang keluar dari rongga mulut. Kondisi ini terjadi akibat beberapa sebab, bisa karena gigi berlubang, gangguan pencernaan organ atau karena mengkonsumsi makanan beraroma tajam.

Halitosis atau bau mulut merupakan kondisi dari munculnya aroma tidak sedap dari dalam rongga mulut. Baik karena mengkonsumsi makanan dengan aroma yang tajam, adanya gigi berlubang, maupun kondisi gangguan pencernaan organ.

Bau mulut selain mengurangi rasa percaya diri, juga dapat mengganggu kenyamanan lawan bicara. Bagaimana menjaga kebersihan rongga mulut agar tidak berbau? Apa saja yang dapat memperparah timbulnya bau mulut? Bagaimana cara kita menyampaikan mengenai bau mulut orang lain beserta solusinya?

Dokter Gigi Rumah Sakit Sari Asih Ciputat , Tangerang, drg. Indah Putri, hal lain yang menyebabkan bau mulut karena sering mengonsumsi obat-obatan untuk penyakit yang sistemik seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung dan gerd dan juga masalah gigi berlubang, gigi bengkak.

“Nah penyebabnya bisa bermacam-macam, dan kondisi ini biasanya tidak disadari oleh dirinya sendiri, sampai orang-orang terdekatnya baru komplain,” ujar drg. Indah Putri.

Diet yang berlebihan menurut drg. Indah Putri juga berpotensi menimbulkan bau mulut, dikarenakan diet yang berlebihan membuat seseorang kehilangan banyak karbohidrat. Dan karbohidrat yang tidak tergantikan tersebut membuat lemak terbakar untuk membangkitkan energi.

“Lemak yang terbakar tersebut menyebabkan gas asam dari lambung dan membuat mulut mengeluarkan bau asam,” tambah  drg. Indah Putri.

Untuk menghindari bau mulut sebaiknya rutin memeriksakan diri ke ahli gigi. Karena banyak hal yang menyebabkan aroma tak sedap yang perlu diketahui asal penyebabnya. Dengan rutin mengontrol gigi dan mulut diketahui penyebab pastinya sehingga bau yang keluar dari mulut dan kerongkongan bisa diatasi.

“Karena kurang mengonsumsi air mineral juga bisa menyebabkan bau tidak sedap. Karena mulut menjadi kering, dan kehilangan air liur. Air liur berfungsi untuk pembersihan otomatis dari bakteri yang ada di mulut,” sebut , drg. Indah Putri.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Untuk mengatasi bau mulut , drg. Indah Putri, memberikan beberapa tips di antaranya dengan oral higine dengan rajin membersihkan gigi, rajin menyikat lidah, rutin kontrol ke dokter gigi minimal enam bulan sekali, mengurangi minuman dan makanan berbau tajam atau penyebab gigi berlubang, serta tidak merokok.

“Jika penyebabnya akibat obat-obatan untuk penyakit sistemik perlu dikonsultasikan dengan dokter penyakit dalam untuk mengganti obatnya, kerena tidak cocok dan menyebabkan bau mulut,” tegas drg. Indah Putri.

Kunjungi Rumah Sakit Sari Asih terdekat jika terjadi keluhan pada gigi agar mendapat penanganan yang optimal.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Indah Putri Sri Utami
drg. Indah Putri Sri Utami
Gigi
Drg. Mayanthi Shatrina
Drg. Mayanthi Shatrina
Gigi
drg. Riske Trika Hanjari
drg. Riske Trika Hanjari
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok