Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Manfaat Cek Kehamilan Bagi Ibu Dan Janin

26-10-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Setelah beberapa bulan terhenti untuk kontrol kesehatan karena adanya pandemi, sekarang waktunya kembali meneruskan pengobatan, salah satunya yaitu cek kehamilan. Proses ini menjadi hal krusial bagi ibu yang sedang mengandung untuk mengetahui tingkat kesehatan mereka dan janin.

Hal yang biasa disebut sebagai antenatal care ini juga menunjukan jika ibu tidak melakukan pemeriksaan sama sekali selama masa hamil, maka anak yang di kandungnya memiliki risiko lahir dengan berat badan rendah dan lima kali lebih mungkin untuk meninggal jika dibandingkan ibu yang melakukan pemeriksaan secara berkala.

Keadaan tersebut bisa terjadi, karena banyak sekali faktor internal dan eksternal dari ibu hamil yang bisa mempengaruhi serta menentukan tumbuh kembang janin. Hal itu hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan yang dijalankan.

Sebenarnya cek kehamilan sudah bisa dilakukan setelah mengetahui jika positif hamil. Semakin cepat melakukannya, maka akan semakin baik karena bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan agar bisa menjaga kandungan tetap sehat.

Jika menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, jika pemeriksaan kehamilan bisa dilakukan setiap  empat minggu sekali dari pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu, setiap dua minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktu melahirkan tiba.

Beberapa keuntungan bagi ibu yang rutin memeriksakan kandungannya, pertama, membantu mencegah adanya komplikasi. Hipertensi dan diabetes gestasional adalah dua hal yang rentan dialami ibu hamil.

Dengan pemeriksaan kehamilan, ibu dapat mengetahui seberapa besar risiko untuk mengalami komplikasi tersebut sejak dini. Hal ini juga menjadi upaya untuk mencegah kondisi yang lebih serius.

Kedua, memantau kesehatan janin dalam kandungan. Tentu bukan hanya kesehatan ibu yang dapat diketahui, namun melalui pemeriksaan kehamilan, ibu dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dokter akan memantau kesehatan Si jabang bayi dengan mendengarkan detak jantungnya, ukuran dan posisi rahim serta janin hingga melakukan berbagai tes kehamilan. Jika terdapat hal yang terdeteksi sebelum bayi lahir, maka mungkin saja dapat dilakukan tindakan tertentu atau mengurangi risiko.

Ketiga, upaya mempersiapkan persalinan. Momen persalinan adalah hal yang cukup krusial, sehingga ketika pemeriksaan ibu dapat mengetahui informasi cara melahirkan seperti apa yang harus dijalani sesuai dengan kondisi kesehatan yang dimiliki.

Ibu juga akan dapat pengetahuan hal-hal apa saja yang harus dilakukan setelah bayi lahir, mengenai Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI eksklusif serta bagi ibu baru, maka ibu akan diajarkan bagaimana merawat seorang bayi.

Jika ingin melakukan pemeriksaan kehamilan, RS Sari Asih memiliki dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang ahli dibidangnya. Selain itu, RS Sari Asih juga sudah menciptakan suasana aman dan nyaman karena adanya protokol kesehatan dari mulai kedatangan, di dalam rumah sakit dan ketika konsultasi dengan dokter.

Ada baiknya sebelum kedatangan, ibu mendaftar online terlebih dahulu di sariasih.com. Hal tersebut untuk membantu ibu mempersingkat waktu keberadaan diluar rumah dan dapat terbebas dari antri ketika di rumah sakit.

 

 

 

 

 

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok