Lakukan Pemeriksaan Kehamilan Secara Intens

30-11-2018

SARIASIH.com - Pemeriksaan kehamilan atau antenatal care adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh wanita yang sedang mengandung. Hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh ibu dan janin hingga mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi nantinya.

Menurut penelitian menyatakan bahwa ibu yang tidak memeriksakan kandungannya memiliki risiko tiga kali lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat yang rendah serta Si buah hati lima kali lebih mungkin untuk meninggal jika dibandingkan ibu yang aktif melakukan pemeriksaan semasa hamil.

Pemeriksaan yang dilakukan umumnya bergantung pada usia kehamilan, riwayat kesehatan keluarga atau berdasarkan tes urin. Kemudian dokter juga akan menjelaskan apa saja nutrisi yang harus dipenuhi untuk bisa menjaga pola makan hidup sehat selama menjalani masa tersebut.

Memeriksakan kehamilan sesungguhnya sudah diatur melalui Permenkes No. 25 tahun 2014 pasal 6 ayat 1b dimana Kemenkes RI menganjurkan setidaknya empat kali untuk periksa kandungan. Aktivitas ini bisa dimulai dari waktu pertama kali mengetahui bahwa sedang mengandung

Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) justru menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan semasa hamil setidaknya delapan kali dan dimulai dari usia 12 minggu. Namun kedua saran tersebut sama baiknya.

Namun jika masa itu adalah kehamilan yang pertama maka ada baiknya untuk meningkatkan kunjungan pemeriksaan dan jika sebelumnya sudah memiliki anak maka intensitasnya dapat diturunkan kecuali jika memiliki kondisi medis tertentu.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan kehamilan segera datangi RS Sari Asih sebagai upaya mempersiapkan proses persalinanan agar berjalan dengan baik. Kami memiliki dokter kandungan dan kebidanan yang ahli dan kompeten dibidangnya. Jadwal praktik dan booking dokter bisa diketahui melalui situs www.sariasih.com.

Coming Soon
Ok