Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Ketahui Berbagai Hal Terkait Pusing

10-07-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Pusing adalah salah satu hal yang umum terjadi. Biasanya dapat ditandai  dengan kepala terasa pening dan tidak seimbang. Dalam beberapa kondisi, pusing bukanlah pertanda dari adanya suatu penyakit yang serius.

Penyebab

Sebenarnya pusing dapat ditangani sesuai dengan penyebab kemunculannya, namun memang hal tersebut dapat kambuh dikemudian hari. Pusing bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat datang tiba-tiba atau perlahan serta sebentar atau terus menerus berkepanjangan.

Pusing juga dapat disebabkan oleh adanya perubahan di dalam sistem tubuh yang kompleks, seperti pada saat hamil, bangun tidur, setelah olahraga atau ketika haid. Karena itu membuat pemicu pusing sulit untuk ditelusuri.

Gejala

Ketika seseorang menderita pusing, maka dapat disertai dengan beberapa gejala lain seperti lemas, mual, muntah, dan keringat dingin. Memang tidak semuanya merasakan gejala penyerta, karena hal tersebut dapat berbeda-beda setiap orang.

Selain membuat tubuh terasa tidak berdaya, pusing menjadi lebih parah ketika melakukan aktivitas tertentu seperti berjalan, menggerakan kepala atau badan. Ketika merasakan hal tersebut, upayakan untuk langsung duduk atau berbaring jika memungkinkan.

Faktor Risiko

Ada beberapa hal yang dapat mempengarhui seseorang bisa mengalami pusing:

Pertama, usia. Secara intensitas, orang dewasa lebih sering mengalami pusing jika dibandingkan dengan anak-anak.

Kedua, riwayat pusing. Jika sudah pernah mengalami pusing, maka hal tersebut membuat peluang kemunculan pusing akan semakin meningkat di kemudian hari.

Pengobatan Pusing

Pusing biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Dalam jangka waktu beberapa minggu kedepan, maka tubuh sudah mulai beradaptasi dengan hal-hal yang menjadi penyebabnya.

Namun pusing juga bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan seperti vertigo, masalah sirkulasi peredaran darah, anemia, ganggaun saraf dan hipoglikemia. Karena itu, untuk menghindari kondisinya jadi lebih serius, maka segera lakukan pemeriksaan jika pusing sudah tidak tertahan.

RS Sari Asih sudah menerapkan protokol kesehatan, mulai dari kedatangan, berada di ruang tunggu dan pada sata konsultasi dengan dokter. Hal tersebut membuat jalannya pengobatan dapat berlangsung dengan tenang dan aman.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok