Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Jangan Sampai Dehidrasi Ketika Liburan

17-02-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Di penghujung tahun adalah waktu yang pas untuk liburan. Aktivitas yang padat dan banyak energI yang terkuras adalah salah satu konsekuensinya. Terlebih jika cuaca sedang panas-panasnya.

Meskipun larut dengan kondisi yang ada, namun jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Sesungguhnya cairan berfungsi sangat penting, hal tersebut dapat membantu kinerja jutaan sel, organ dan hingga mengendalikan suhu tubuh tetap normal.

Terlebih jika kegiatan dilakukan di luar ruangan, dimana cairan tubuh pasti akan berkurang dalam jumlah yang banyak. Karena itu untuk menjaga keseimbangannya, maka perlu adanya pengganti dengan cairan tersebut.

Selain merasa haus, dehidrasi akan membuat penderitanya akan mengalami mulut yang terasa kering, mengurangi tingKat konsenstrasi, hingga tubuh menajdi lemas. Tidak bisa dipungkiri, jika hal tersebut terjadi ketika liburan maka akan sangat merusak suasana.

Karena itu ada beberapa cara agar seseorang terhindar dari dehidrasi, pertama, perbanyak minum air putih. Meskipun air putih adalah minuman yang terbaik ketika beraktivitas dibawah terik matahari, namun suhu air tidak boleh terlalu panas atau dingin.

Jika terlalu panas, maka akan memicu keringat sehingga tubuh harus mengeluarkannya semakin banyak. Jika terlalu dingin, terlebih dikonsumsi ketika cuaca panas maka suhu tubuh akan naik. Pada saat itu tubuh memaksa penurunan suhu dengan cepat. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Kedua, segerakan minum ketika haus. Ketika sudah merasakan sinyal seperti tenggorokan terasa kering, maka jangan menunda untuk minum air putih. Jika hal tersebut ditunda maka risiko mengalami dehidrasi akan semakin besar.

Jika kegiatan yang sedang dijalani terkadang membuat aktvitas minum air putih terlupakan, maka bisa menggunakan alrm setiap satu atau dua jam sekali agar tubuh tetep mendapatkan apa yang dibutuhkannya yaitu cairan.

Ketiga, cek warna urin. Sebagai tolak ukur apakah tubuh dehidrasi atau tidak, bisa melalui cek warna urin ketika buang air kecil. Jika tidak berwarna atau jernih maka kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi dengan baik, namun jika warnanya kuning pekat, maka harus meningkatkan asupan cairan.

Keempat, konsumsi buah. Selain air putih, buah juga bisa menjadi salah satu alternatif lainnya. Namun pilih buah yang kaya akan kandungan air seperti semangka, jeruk, melon belimbing, atau nanas.

Buah-buah tersebut juga mengandung kalori yang dapat menyumbang energi yang bisa mendukung aktivitas pada saat liburan.

Kelima, menggunakan penutup kepala. Untuk menghalau sinar matahari, bisa menggunakan topi atau payung. Hal tersebut untuk mengurangi sensasi panas pada kulit yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok