Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Imunisasi Lengkap Bisa Cegah Penyakit Berbahaya Pada Anak

10 Aug, 2022

SARIASIH.com  - Demi menjaga tumbuh kembang Si Kecil tidak terganggu, imunisasi menjadi salah satu hal yang wajib diberikan pada mereka. Imunisasi sendiri berfungsi memberikan kekebalan tubuh secara buatan agar anak terhindar dari penyakit di kemudian hari.

Dokter spesialis anak Rumah Sakit Sari Asih Ciledug , Kota Tangerang, dr. Arifin kurniawan K, SpA., MKes ., CHt, menerangkan jika imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan atau menimbulkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit yang spesifik.

“Dengan mencoba memberikan dua kemungkinan, yang pertama tidak bisa terpapar penyakit, dan yang kedua, jikapun terpapar, itu hanya ringan,” ujar dr. Arifin kurniawan K, SpA., MKes., CHt.

Namun perlu difahami jika perlindungan imunisasi tidak memberikan kekebalan total terhadap seseorang tetapi dapat mengurangi peluang untuk menjadi sakit dan atau mempengaruhi berat ringannya suatu penyakit jika terpapar.

Dijelaskan dr. Arifin kurniawan K, SpA., MKes., CHt, bahwa perjalanan imunisasi terhadap seseorang cukup panjang. Dimana meskipun sudah terlambat, penghentian masih bisa dilakukan dimana batas usia persyaratan lengkap itu hingga usia 18 tahun.

“Ini menjadi batasan yang dapat dikejar jika orang tua lupa memberikan imunisasi lengkap kepada bayinya, namun ada satu vaksin yang tidak bisa diberikan jika usianya sudah terlambat yaitu vaksin rotavirus untuk mencegah muntaber, karena vaksin ini diberikan tidak boleh lewat dari usia enam bulan,” terang dr. Arifin kurniawan.

Beberapa penyakit yang dapat di cegah atau diminimalisir dampaknya melalui imunisasi yaitu hepatitis b, TBC (tuberkulosis), Polio, Difteri/tetanus/batuk rejan, campak dan rubella. Sedangkan untuk penambah lanjutan atau tambahan bisa mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti ; Pneumonia dan meningitis, diare karena rotavirus, influenza, gondongan (mumps), Hepatitis A, kanker serviks, cacar air, ensefalitis hingga demam berdarah.

Kunjungi fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk mendapatkan imunisasi lengkap dan konsultasi penuh terkait imunisasi.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. TB Ferdi Fadillah , SpA
dr. TB Ferdi Fadillah , SpA
Anak
dr. Andri , Sp.Jp
Jantung
dr. Asih Yuliati , Sp.THT
dr. Asih Yuliati , Sp.THT
THT
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
Jantung
dr. Usyinara , Sp.P
dr. Usyinara , Sp.P
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok