Hari Keluarga Nasional 2018

29-06-2018

SARIASIH.com – Hari ini tepatnya tanggal 29 Juni 2018 diusung menjadi Hari Keluarga Nasional (Harganas). Terpilihnya tanggal tersebut ketika Indonesia baru saja menggapai cita-cita yang terpendam selama 350 tahun lamanya.

Pada tanggal 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa ini secara utuh. Seminggu kemudian, persisnya 29 Juni 1949 para pejuang yang telah lama berada di medan perang akhirnya kembali pada keluarganya. Hal itu yang menjadi landasan lahirnya Harganas.

Dikarenakan tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat pada saat itu masih rendah terkait pengetahuan mengenai keluarga, sehingga mengakibatkan tingginya angka pernikahan dini karena mereka ingin mengganti keluarga yang gugur ketika peperangan.

Harganas baru di sahkan oleh Presiden ke dua yaitu Soeharto pada tahun 1993 dengan tujuan untu mendidik masyarakat agar menjadikan keluarga sebagai sistem pendukung yang kuat untuk membangun bangsa dan negara.

Pada tahun ini tema yang diusung adalah “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Selain itu bentuk kecintaan pada keluarga juga harus dibarengi dengan tingkat kesehatan yang anggotanya miliki.

Ada dua belas indikator sebuah keluarga dikatakan sehat:

A Program Gizi, Kesehatan Ibu & Anak:
1. Keluarga mengikuti KB
2. Ibu bersalin di faskes
3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
4. Bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan
5 .Pertumbuhan balita dipantau tiap bulan

B Pengendalian Penyakit Menular & Tidak Menular:
1. Penderita TB Paru berobat sesuai standar
2. Penderita hipertensi berobat teratur
3.  Gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan

C Perilaku dan kesehatan lingkungan:
1. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
2.  Keluarga mempunyai akses terhadap air bersih
3. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat
4. Sekeluarga menjadi anggota JKN/askes

Indikator yang tertera juga sebagai pendukung program pemerintah, Indonesia Sehat. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia adalah tujuannya. Dilansir dari website resmi Kementrian Kesehatan bahwa program tersebut menjadi salah satu yang utama sebagai Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Sumber:

http://dinkes.inhukab.go.id/puskesmas-batangperanap/2017/11/27/mari-sukseskan-pendataan-keluarga-sehat-ks-tahun-2017/

http://www.depkes.go.id/article/view/18062200002/wtp-5-kali-kemenkes-komitmen-tingkatkan-mutu-kesehatan-masyarakat-indonesia.html

https://keluargaindonesia.id/kabar/sejarah-dan-peringatan-harganas-setiap-tahunnya

Coming Soon
Ok