1000 Hari Pertama Kehidupan

28-02-2017

Bagikan :

SARIASIH.com – Masih banyak ibu hamil yang kurang memberikan perhatian khusus kepada bayi yang dikandungnya. Terutama pada masa 1000 hari pertama kehidupan.

Padahal, pada kenyataannya, masa janin sampai berusia dua tahun terjadi proses tumbuh kembang yang sangat cepat.

Periode 1000 hari pertama sering disebut window of opportunities atau sering juga disebut periode emas (golden period).

Diperlukan perhatian khusus saat ibu hamil hingga anak usia dua tahun, terutama dalam memenuhi kebutuhan makan minum, kesehatan serta gizinya, untuk menghindari gagal tumbuh di periode tersebut.

Gagal tumbuh di periode emas, selain akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik, juga akan menyebabkan bermacam gangguan metabolik.

Gangguan metabolik yang telah terdeteksi  khususnya gangguan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat. Gangguan ini pada akhirnya akan dapat memicu munculnya penyakit tidak menular lain seperti obesitas, diabetes serta penyakit jantung koroner saat usia dewasa.

Ahli Gizi RS Sari Asih Karawaci, Aldila Nurliyana, AMG. RD, menyebutkan jika asam folat dan DHA yang terdapat dari ikan, daging, ayam dan telur dapat membantu perkembangan otak bayi serta mencegah kecacatan.

Kebutuhan makanan bergizi lainnya juga perlu diperhatikan selama proses kehamilan. Sumber kalsium bisa didapat dari susu rendah lemak, yogurt dan keju. Sementara untuk pemenuhan zat besi bisa didapat dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan tahu tempe. “Tapi perlu diingat, hindari makanan mentah,” tegasnya.

Pemberian makanan pada bayi juga perlu tahapan yang benar. Dijelaskan Aldila Nurliyana, AMG. RD, pada bayi 0-6 bulan hanya boleh diberikan ASI saja. Berikan makanan lumat 3 kali sehari  dan sari buah 1 kali pada bayi usia 6 sampai 9 bulan. Sedangkan untuk bayi usia 9 hingga 12 bulan diberikan makanan lunak 3 kali sehari dan sari buah 2 kali. Dan untuk bayi usia 12 tahun ke atas, berikan makanan biasa dengan gizi seimbang.  

Selain mengkonsumsi sumber makanan yang penting bagi tumbuh kembang bayi, ASI ekslusif hingga usia dua tahun tidak boleh diabaikan.

Coming Soon
Ok