Etika Batuk Dan Bersin Yang Wajib Diketahui Dan Diamalkan

12-09-2018

SARIASIH.com - Bersin adalah mekanisme yang digunakan tubuh untuk membersihkan hidung. Ketika benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau debu masuk ke lubang hidung, hidung bisa menjadi iritasi yang terasamenggelitik.

Ketika ini terjadi, tubuh akanmelakukan sesuatu atau biasa disebut bersin untuk membersihkan hidung. Bersin adalah salah satu pertahanan pertama tubuh untuk melawan bakteri dan serangga yangmenyerang.

Bersin adalah hal yang baik, namun disamping itu ada hal yang perlu dilakukan agar bakteri yang keluar dari mulut tidak terinfeksi pada orang lain. Ada sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Nick Wilsondi Universitas Otago,Wellington pada tahun 2009 ketikapandemi flu babi H1N1pada saat itu.

Penelitiannyamenunjukkan bahwa dari 384 contoh batuk dan bersin, bahwa hanya kurang dari 5persen yang sadar akan etika bersin untuk ditutup dengan tisu, sapu tangan atau siku.Fakta yang didapatkan, sebagian orang dari segala usia masih tidak menghiraukan bersin atau batuk yang aman.

Adapun yang perlu dilakukan untuk menghentikan penyebaran kuman ketika bersin seperti menutup mulut dan hidung dengan tisu kemudian masukan tisu atau alat penutup mulut sehabis bersin lainnya ke tempat sampah.

Jika tidak ada persedian tisu, maka sebaiknya menutup mulut dengan lengan tangan bagian atas. Jika terlanjur menutup dengan tangan, maka cuci tangan menggunakan sabun dan basahi dengan air mengalir atau gunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol.

Coming Soon
Ok