Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cegah Dampak Dari Polusi Udara

19 Sep, 2019

SARIASIH.com – Dalam keseharian, manusia memerlukan udara untuk bernapas, sehingga udara menjadi hal yang sangat krusial. Karena perkembangan manusia menjadikan kondisinya kini tidak lagi sehat.

Adanya partikel padat, cair dan disertai gas berkontrisbusi pada pencemaran. Partikel dan gas tersebut umumnya datang dari asap kendaraan motor, asap pabrik, debu, kebakaran hutan dan aerosol.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat jika saat ini terdapat 92 persen penduduk dunia menghirup udara dengan kualitas yang buruk, maka dengan kata lain masalah polusi kini ada di setiap belahan dunia.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampaknya, pertama, memulai aktivitas di pagi hari. Sebelum suasana perjalanan menjadi lebih ramai, ada baiknya jika mengawali hari se pagi mungkin.

Hal tersebut dikarenakan kualitas udara pagi masih megandung gas ozon yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seperti mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Kedua, menggunakan masker yang berkualitas. Masker yang banyak ditemukan, sesungguhnya kurang efektif untuk mencegah partikel polusi agar tidak terhirup. Begitupun tisu atau sapu tangan, ada baiknya untuk menggunakan masker berjenis n95 yang dapat menyaring udara ketika dihirup.

Ketiga, olahraga teratur. Ketika tubuh selalu aktif, maka hal tersebut bisa melawan racun yang berasal dari lingkungan luar. Kinerja jantung juga mejadi lebih maksimal dan dapat melatih paru-paru berfungsi dengan baik.

Namun pemilihan waktu dan tempat perlu diperhatikan. Waktu yang tepat adalah pagi hari dan usahakan memilih taman dengan banyak pepohonan atau bisa pula melakukannya di tempat gym.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Putri Lestari Anggiarini , SpKG
drg. Putri Lestari Anggiarini , SpKG
Gigi Konservasi
drg. Kiki Ittifakiyah
drg. Kiki Ittifakiyah
Gigi
dr. Rikhy Andhani , M.Sc,dr. Sp.S
dr. Rikhy Andhani , M.Sc,dr. Sp.S
Saraf
dr. Oeryana Agustin , SpP
dr. Oeryana Agustin , SpP
Paru
dr. S Harnel Kathin , SpA
dr. S Harnel Kathin , SpA
Anak
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok