Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Cara Penularan HIV/AIDS

16 Sep, 2022

SARIASIH.com  - Beberapa hari lalu viral berita terkait ratusan mahasiswa yang ternyata setelah melalui pemeriksaan telah terjangkit virus HIV. Human Immunodeficiency Virus (HIV) jika tdk terdeteksi dan di tangani dengan cepat dalam jangka panjang akan menyebabkan AIDS yg menyerang imunitas tubuh seseorang dengan kepanjangan Acquired Immune Deficiency Syndrome.


AIDS menjadi salah satu penyakit yang mematikan .Meski telah ada antivirus sebagai penanganan untuk memperlambat laju penyebaran virus dalam tubuh, dan diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup penderita,namun hingga saat ini belum ada penanganan medis yang telah benar-benar menyembuhkan penyakitnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit. Sari Asih Ciledug , Kota Tangerang, dr Astri Handayani, Sp. PD , menyebutkan jika gejala AIDS bisa menimbulka beberapa gejala yang sistemik, sembuh ke seluruh tubuh, contohnya seperti demam, berkeringat di malam hari, kelenjar membengkak, merasa kedinginan, batuk, diare, mual dan muntah masalah kulit dan mulut disebabkan infeksi jamur, merasa lemah dan jangka panjang terjadi penurunan berat badan yang ekstrim.

c3a8e880-95ab-42de-8b70-a18513677bdf

“Secara umum penderita AIDS itu memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk sehingga mereka mudah terserang infeksi oportunistik, yaitu infeksi yang disebabkan oleh organisme yang merusak sel-sel tubuh dengan manifestasi yang sering muncul seperti diare kronis, pneumonia atau TB Paru dan toksoplasmosis otak.

Jika seseorang dengan kekebalan tubuh yang baik tidak akan terlalu terpengaruh oleh gejala-gejala AIDS, dikarenakan virus HIV membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginfeksi tubuh seseorang.

Penyebab penularan HIV

Kasus HIV paling sering terjadi pada heteroseksual , diikuti homoseksual, pengguna NAPZA dan pekerja seksual

Beberapa faktor penyebab penularan virus HIV disebutkan ialah adanya kontak cairan secara seksual baik seperti biasa maupun anal , berhubungan seksual dengan berganti ganti pasangan dan tanpa menggunakan pengaman.

Kontaminasi melalui darah ikut berisiko menginfeksi orang lain, terutama melalui jalur jarum suntik pada penguna Narkotika, yang digunakan secara bersama, penerima transfusi darah ataupun produk darah.

Meskipun jarang HIV juga dapat ditularkan ibu ke anak selama masa kehamilan, melahirkan dan menyusui.
Melahirkan dengan cara cesar bisa meminimalisasi paparan virus dibanding secara normal.

“Tiga jalur tersebut merupakan yang utama dari penyebaran virus HIV.
Tidak menular melalui udara, airmata, air liur, keringat, gigitan nyamuk atau sentuhan fisik. Sehingga penderita AIDS tidak perlu terlalu mendapat perlakuan sentimen sosial yang berlebihan,” tegas dr Astri Handayani, Sp. PD.

Kunjungi Rumah Sakit Sari Asih terdekat untuk melakukan pemeriksaan jika terjadi keluhan-keluhan dari beberapa faktor risiko yang terjadi.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Astri Handayani , sp.PD
dr. Astri Handayani , sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Indrianto , Sp.PD
dr. Indrianto , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Agung Suryoputro Reksoprodjo , SpPD
dr. Agung Suryoputro Reksoprodjo , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok