Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Cara Miminimalisir Timbulnya Flek Hitam Di Wajah

26-10-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Seringkali tingkat kepercayaan diri seseorang terganggu karena munculnya flek hitam di area wajah. Kondisi yang dalam bahasa medis disebut ephelis ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang memiliki warna kulit yang cerah.

Hal tersebut dapat ditandai dengan adanya bercak seperti titik noda berwarna yang tidak merata. Penyebabnya, produksi melanin di kulit meningkat terutama setelah terpapar sinar matahri atau sinar ultraviolet.

Melanin sendiri adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit. Jika kandungan melanin pada kulit meningkat, maka dampaknya akan membuat kulit semakin gelap. Karena itu, pemakaian tabir surya sangat disarankan pada beberapa orang yang berisiko terkena flek hitam.

Kekurangan vitamin juga menjadi penyebab lainnya. Vitamin memiliki peranan penting untuk menjaga tingkat kecerahan kulit. Seseorang harus memastikan jika mereka mencukupI kebutuhan tubuhnya akan vitamin b12, K dan E agar kulit bisa terhindar dari flek hitam.

Selain itu, daerah tropis seperti Indonesia, yang mana masyarakatnya hidup sekitar garis khatulistiwa memiliki risiko lebih tinggi terkena flek hitam. Dimana kulit mereka yang lebih gelap karena memiliki lebih banyak melanin sebagai respon dari tubuh yang terpapar sinar matahari.

Bagi yang memiliki orang tua dengan flek hitam, maka keturunannya juga akan mewarisi hal tersebut karena flek hitam juga dapat terjadi karena bawaan genetik. Namun hal tersebut umum terjadi bagi yang memiliki kulit cerah dan rambut yang berwarna merah atau pirang.

Meskipun begitu, mereka yang tidak memiliki bawaan genetik juga mempunyai peluang terkena flek hitam apabila berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Ada beberapa cara agar dapat mengurangi bintik-bintik tersebut, pertama, lindungi diri dari matahari.

Gunakan pelindung seperti topi, pakaian yang berlengan panjang hingga kacamata hitam agar kulit tidak langsung terkena sinarnya. Jika memungkinkan, hindari keluar dan berkativitas diluar rumah pukul 10 pagi hingga jam 2 siang,

Kedua, gunakan sunscreen. Oleskan sunscreen setidaknya yang memiliki kandungan SPF 30 sebagai upaya pencegahan bertambahnya noda hitam diwajah. Ada baiknya menggunakan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah dan oleskan kembali setiap dua jam atau setelah melakukan aktivitas yang memicu keringat.

Flek hitam sesungguhnya bukan hal yang membahayakan. Namun memang harus diwaspadai, karena ada beberapa kasus yang menjadi penyebab kanker jika terekspos sinar matahari terlalu banyak.

Jika flek hitam yang ada berkembang jadi menonjol, memiliki tekstur yang tidak beraturan, berubah warna hingga terasa nyeri, maka lakukan pemeriksaan dengan dokter spesilias kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan.

RS Sari Asih sudah menerapkan protokol kesehatan yang membuat suasana pengobatan jadi lebih aman dan nyaman. Untuk meminimalisir keberadaan di rumah sakit, sebelumnya bisa melakukan daftar online di sariasih.com.

 

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok