Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Cara Menangani Kutu Rambut Pada Anak

10-07-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Seringkali kutu rambut dapat dengan mudah diketahui jika Si kecil terus menggaruk-garuk kepala. Seketika orang tua merasa khawatir, namun cukup tenang, karena sesungguhnya kondisi tersebut tidak berbahaya.

Kutu rambut adalah parasit kecil yang memiliki enam kaki dengan ukuran sebesar biji wijen atau setara dengan 2 – 3 milimeter. Kutu hidup di sekitar rambut dan leher untuk menghisap sedikit darah dari kulit kepala.

Kutu rambut juga memiliki telur yang terlihat seperti ketombe. Umumnya telur berada pada pangkal helai rambut. Karena ukurannya yang kecil, sehingga telur tidak mudah hilang jika hanya mengandalkan sisir pada umumnya.

Hal ini lebih berisiko dialami anak-anak, terutama usia taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar. Penyebabnya karena mereka senang bermain dengan jarak yang begitu dekat dengan teman temannya. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya kontak rambut dan akhirnya Si kecil tertular.

Telur kutu membutuhkan waktu selama tujuh sampai sepuluh hari untuk menetas. Kutu dewasa dapat hidup di kulit kepala selama kurang lebih 30 hari.  Sayangnya, kutu rambut tidak bisa hilang dengan sendirinya. Harus ada penanganan yang tepat agar kutu dapat hilang, seperti:

1. Sisir rambut ketika kondisi basah

Ketika rambut anak masih masah, sesungguhnya telur dari kutu rambut dapat luruh pada setiap helai rambut. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga dua minggu kedepan untuk melihat apakah berhasil atau tidak.

2. Gunakan obat anti kutu atau sampo

Ada dua alternatif untuk menghilangkan kutu dari rambut Si kecil, yaitu pemakaian sampo atau obat anti kutu. Agar upaya tersebut lebih efektif, sisiri rambut anak dengan sisir serit agar kutu yang sudah mati di kulit kepala luruh beserta sisa-sisa telurnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka baca terlebih dahulu petunjuk dan ikut sesuai dengan saran yang tercantum pada kemasan.

3. Cuci peralatan anak dengan air panas

Segera cuci baju Si kecil yang baru mereka gunakan dan terkena kutut rambut  secara terpisah dengan menggunakan air panas 54,5°C. Jika sudah selesai, maka keringkan baju pada pengering panas selama 20 menit.

Jika anak masih berusia dua bulan, maka hindari pemakaian obat kutu rambut. Penanganan yang tepat adalah mengangkat kutu dan telur satu per satu dengan sisi yang memiliki gigi rapat dan tangan. Lakukan hal tersebut secara berulang setiap 3-4 hari selama tiga minggu.

Terkadang rasa gatal dari adanya kutu rambut dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Ketika digaruk secara berlebihan maka kemungkinan menginggalkan luka. Hal tersebut berisiko menyebabkan infeksi yang bisa ditandai dengan leher tampak kemerahan, membengkak hingga terasa nyeri.

Jika anak mengalaminya, maka jangan tunda untuk mendapatkan penanganan medis di RS Sari Asih terdekat. Rumah sakit juga sudah menerapkan protokol kesehatan, mulai dari kedatangan, ketika di ruang tunggu dan pada saat konsultasi. Hal tersebut membuat pengobatan dapat berjalan dengan tenang dan nyaman.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok