Beberapa Cara Untuk Terhindar Dari Pneumonia

17-02-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Pneumonia adalah salah satu penyakit paru yang cukup umum terjadi di Indonesia. Secara pengertian pneumonia adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru sehingga menyebabkan paru meradang dan membengkak.

Penyakit yang sering disebut paru-paru basah ini membuat paru akan dipenuhi dengan air atau cairan lendir. Hal tersebut diakibatkan karena adanya infeksi virus, bakteri ataupun jamur dalam udara yang terhirup.

Penyebaran infeksi juga bisa ditularkan melalui percikan air liur yang dikeluarkan penderita pneumonia ketika batuk atau bersin.

Permasalahan kesehatan ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari balita, anak-anak, orang berusia lebih dari 65 tahun hingga orang-orang dengan kondisi imunitas yang lemah.

Awalnya, ketika menderita pneumonia terdapat gejala yang menyerupai penyakit flu. Namun jika durasinya dalam jangka waktu yang lama, maka hal tersebut adalah tanda-tanda seseorang mengidap pneumonia.

Selain itu, nyeri di dada ketika batuk atau menghirup udara, terdapat dahak pada batuk, lelah terus menerus, demam tinggi adalah beberapa gejala lainnya.

Meskipun Pneumonia adalah penyakit yang dikategorikan memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir penyebarannya, pertama, vaksin Pneumonia.

Saat ini pelayanan kesehatan seperti rumah sakit sudah memiliki vaksin pneumonia, hal tersebut untuk mencegah beberapa virus atau bakteri yang akan menghinggapi tubuh. Namun hal tersebut juga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya.

Kedua, menerapkan pola hidup bersih. Lingkungan yang kotor adalah tempat terbaik bagi tumbuh dan kembangnya berbagai bakteri, sehingga memiliki lingkungan dan hidup sehat adalah cara yang sederhana untuk mengecilkan risiko terkena Pneomonia.

Ketiga, menghindari aktivitas merokok. Sesungguhnya zat-zat yang terkandung pada rokok dapat mempengaruhi kekebalan paru-paru dalam ketika menghadapai virus atau bakteri. Selain itu asap rokok yang dikeluarkan merugikan orang kain karena mengakibatkan penyakit seperti TBC dan serangan jantung.

Keempat, menjaga daya tahan tubuh. Bakteri atau virus dapat dengan mudah masuk ketika daya tahan tubuh dalam kondisi lemah. Karena tidur cukup, rutin olahraga, dan diet sehat mampu menekan kemungkinan terjangkitnya penyakit Pneumonia.

Jika saat ini mengidap Pneumonia atau paru-paru basah, Anda bisa mendatangi dokter spesialis paru di RS Sari Asih Cipondoh. Untuk mengetahui jadwal dokter yang ingin dituju bisa mengakses www.sariasih.com atau mehubungi nomer 021-22263738.

Coming Soon
Ok