Bahaya Penggunaan Produk Tester Bagi Kesehatan

26-03-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Peralatan make up dengan wanita adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Mulai dari lipstick, eye shadow, bedak sampai blush on.  Tidak jarang, karena beragam di setiap jenisnya, membuat para wanita kebingunan dan akhirnya mencoba produk yang berlabel tester untuk mencari yang paling cocok.

Kebiasaan tersebut seharusnya perlu diwaspadai, memang sebelum dibuka keadaan produk masih terbilang higienis. Tapi jika sudah dicoba oleh sekian banyak orang, maka akan ada perpindahan bakteri dan virus dari satu orang ke yang lainnya.

Perpindahan tersebut bisa terjadi karena adanya interaksi dengan benda-benda yang memiliki tingkat kebersihan minim, seperti toilet, handphone hingga pegangan eskalator. Setelah itu tanpa cuci tangan mereka langsung menyentuh permukaan tester make up.

Pada kondisi itu virus dan bakteri akan terus berada di produk tester hingga berpindah lagi ke tangan atau bagian wajah yang terkena produk tester tersebut.

Akibat aktivitas yang terkadang dianggap sepele itu bisa menyebabkan beberapa kondisi, diantaranya jerawat. Hal yang paling sering terjadi. Jerawat bisa muncul karena adanya infeksi kulit akibat bakteri.

Selain itu juga terkadang membuat wajah menjadi kemerahan dan impetigo, meski bukan kondisi yang serius namun penyebarannya yang sangat mudah sehingga menyebabkan kulit penderita menjadi ruam merah.

Jika yang dicoba eye shadow, maka bisa berisiko infeksi mata dan apabila yang digunakan produk tester lipstik, tidak menutup kemungkinan akan menderita flu karena sebelumnya digunakan oleh orang yang menderita penyakit tersebut.

Untuk dapat memecahkan rasa penasaran, ada cara yang bisa digunakan agar tidak menyesal setelah membeli, dengan mengusapkan tisu yang sudah dibasahkan dengan alkohol ke permukaan make up atau menggunakan aplikator seperti kapas atau cotton bud yang sekali buang untuk mengaplikasikannya.

Namun jika sudah terinfeksi akibat pemakaian produk tester, hal tersebut dapat dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Sari Asih. Buat temu janji melalui Sari Asih Online yang bisa diunduh di Play Store.

 

Coming Soon
Ok