Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Bagaimana Menggunakan Headset agar Nyaman di Telinga

15 Nov, 2023

SARIASIH.com - Mendengarkan musik melalui headset atau earphone bisa sangat menyenangkan, karena suara yang dihasilkan bisa jelas terdengar. Namun dibalik kesenangan tersebut terdapat beberapa risiko terhadap telinga yang dapat merusak gendang telinga.

Mendengarkan musik melalui headset bisa menjadi berisiko terhadap gendang telinga jika tidak dilakukan dengan bijak. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar telingan tetap nyaman setiap saat menurut Dokter Klinik SA Medika, Karawaci, Kota Tangerang, dr. Atika Rahmah:

  1. Volume Suara yang Tinggi: Mendengarkan musik dengan volume suara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Gendang telinga adalah organ yang sangat sensitif, dan tekanan suara yang tinggi bisa merusaknya seiring waktu.
  2. Durasi Waktu yang Lama: Menggunakan headset untuk waktu yang lama secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko kerusakan gendang telinga. Beristirahatlah secara teratur untuk memberikan waktu istirahat pada telinga Anda.
  3. Penggunaan Headset dalam Kondisi Bising: Jika Anda mendengarkan musik menggunakan headset di lingkungan yang bising, ada kecenderungan untuk meningkatkan volume suara untuk mengatasi kebisingan sekitar. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan pada gendang telinga.
  4. Pilihan Jenis Headset: Headset in-ear yang dimasukkan ke dalam saluran telinga dapat memberikan suara yang lebih jelas dengan volume yang lebih rendah. Namun, jika digunakan dengan volume yang tinggi, masih dapat berisiko terhadap gendang telinga.

Untuk mengurangi risiko kerusakan gendang telinga saat mendengarkan musik melalui headset, pertimbangkan untuk:

  • Menggunakan volume suara yang moderat: Hindari menyetel volume hingga batas maksimal dan pastikan agar masih dapat mendengar suara di sekitar Anda.
  • Istirahat secara teratur: Beri waktu istirahat pada telinga Anda setidaknya setiap satu jam sekali untuk mencegah kelelahan.
  • Pilih headset yang nyaman dan berkualitas: Pilih headset yang pas dan nyaman di telinga Anda, serta memiliki kualitas suara yang baik sehingga Anda tidak perlu menaikkan volume secara berlebihan.
  • Gunakan headset dengan fitur pengurangan kebisingan: Headset dengan teknologi pengurangan kebisingan dapat membantu Anda mendengarkan musik dengan volume lebih rendah dalam lingkungan yang bising.

Dengan menjaga faktor-faktor ini, kita dapat menikmati musik melalui headset tanpa membahayakan kesehatan gendang telinga. Jika mengalami masalah pendengaran atau ketidaknyamanan, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
dr. Harry Mahathir Akip , SpJP
Jantung
drg. Achmad Royhan , Sp.Pros
drg. Achmad Royhan , Sp.Pros
Gigi Prostodonti
dr. Fiola Yolanda , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
dr. Regina Annisa Harahap , SpP
dr. Regina Annisa Harahap , SpP
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok