Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Apakah Boleh Menyusui Saat Ibu Sakit?

09 May, 2023

SARIASIH.com  - Makanan terbaik bagi bayi khususnya usia 0-6 bulan tidak ada yang lain adalah Air Susu Ibu (ASI). Pada usia tersebut, fungsinya tidak tergantikan oleh makanan atau minuman apapun. Pemberian ASI oleh ibu merupakan hak yang harus dipenuhi oleh bayi yang dilahirkannya.

Banyak manfaat yang diperoleh dari ASI kepada bayi. Perkembangan tubuh bayi akan menjadi optimal. ASI ekslusif dapat turut serta memberikan perlindungan tubuh kepada bayi agar tidak mudah sakit.

Sebuah penelitian telah membuktikan jika ASI ekslusif menurunkan angkat kematian pada bayi dan mencegah stunting atau berat badan dan tubuh rendah. Lebih jauh, ASI ikut berkontribusi menurunkan risiko berat badan berlebih serta berperan dalam menghindari penyakit kronis di kemudian hari.

Pentingnya pemberian ASI ekslusif kepada bayi menjadi sebuah persoalan ketika ibu sedang mengalami kendala seperti sakit. Mereka khawatir saat kondisi sakit, dapat menularkan penyakitnya kepada bayi yang disusui.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang, dr. Arifin Kurniawan K , SpA., MKes., CHt , mengatakan para ibu tidak perlu khawatir untuk menyusui dalam kondisi sakit. Bayi tetap bisa mendapatkan haknya meski sang ibu tengah sakit.

“Ada beberapa alasan kenapa ibu boleh menyusui bayinya meski sedang sakit. Pertama ibu tidak perlu khawatir penyakit akan berpindah ke bayi karena penyakit tidak akan berpindah melalui ASI. Nyatanya, hanya sedikit sekali yang terjadi,” ujar dr Arifin.

Dijelaskan dr Arifin, pemberian ASI justru akan memberikan antibodi untuk sang bayi saat ibu sedang sakit. Hal ini akan memberikan perlawanan si bayi terhadap penyakit yang diderita ibunya.

“Justru ketika memberikan ASI saat ibu sedang sakit, antibodi yang terbentuk saat ibu sedang melawan penyakitnya malah akan diberikan dan disumbangkan kepada bayi. Sehingga praktisnya si bayi akan mendapatkan antobodi natural yang diberikan oleh ibu untuk melawan penyakit baru,” tegas dokter anak yang setiap hari berpraktek di  RS Sari Asih Ciledug ini.

Meski demikian, setiap penyakit harus dibedakan kondisinya. Jika hanya demam, flu dan penyakit ringan ibu tetap bisa memberikan ASI. Namun jika ibu harus mengkonsumsi obat keras yang bisa berbahaya bagi bayi sebaiknya ditunda dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Muchamad Wisuda Riswanto , SpB
dr. Muchamad Wisuda Riswanto , SpB
Bedah Umum
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Regina Annisa Harahap , SpP
dr. Regina Annisa Harahap , SpP
Paru
dr. Setiagung Ambari Bowo , Sp.BP-RE
Bedah Plastik
dr. Koes Arianti , SpS
dr. Koes Arianti , SpS
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok