5 Tanda Tubuh Memerlukan Protein

12-09-2018

Protein merupakan salah satu hal yang vital bagi manusia, perannya dapat membantu sistem kekebalan tubuh hingga pembentukan sel dan jaringan tubuh. Menurut kalangan medis asupan harian yang perlu dikonsumsi untuk wanita dewasa adalah 46 gr dan bagi pria berkisar 56 gr.

Kekurangan protein tidak menjadi masalah bagi masyarakat yang masih mengonsumsi daging, namun bagi yang sedang menjadi vegan atau diet ketat lainnya dan menjadikan sayur sebagai asupan sehari-hari maka disitulah permasalahannya.

Berikut adalah tanda yang dihasilkan tubuh karena kekurangan protein:

  1. Merasa lapar sepanjang waktu

Nafsu makan yang meningkat merupakan tanda dari kurangnya asupan protein yang belum terpenuhi. Akibatnya akan membuat selera makan menjadi lebih kuat dan lebih banyak dari yang seharusnya atau biasanya.

  1. Kehilangan massa otot

Hal ini sangat merugikan bagi yang sedang menjalani diet tanpa mengonsumsi protein atau asam amino karena akibatnya adalah kehilangan menurunnya tenaga dan metabolisme tubuh secara otomatis yang diakibatkan tidak terbentuknya otot sebagai kekuatan jasmani.

  1. Sering mengalami sakit

Sesungguhnya kekurangan protein akan mengundang berbagai permasalahan kesehatan datang. Imun akan memiliki kesulitan untuk menjaga tubuh dari berbagai virus atau bakteri jika protein belum tercukupi.

Hal tersebut akan menyebabkan hilangnya sel T yang mana berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Akhirnya tubuh akan rentan terhapap infeksi dan berkemungkinan akan mengalami sakit dengan keparahan yang tinggi.

  1. Mengalami kerontokan rambut

Rambut terbuat dari asupan harian yang cukup dan makanan yang kaya akan protein penting. Protein di rambut terbuat dari yang biasa disebut dengan keratin. Jika tubuh tidak menerima protein yang cukup, hal tersebut dapat mengganggu produksi protein non esensial yang akan berujung dengan kerontokan atau penipisan.

  1. Mengalami kebengkakan di kaki

Edema adalah pembengkakan pada anggota tubuh yang terjadi karena penimbunan cairan di dalam jaringan. Area tubuh yang mudah dikenali saat mengalami edema adalah tangan, lengan, kaki dan pergelangan kaki. Menurut Harvard Health protein berfungsi untuk menahan garam dan air di dalam pembuluh darah agar cairan tidak mengalamai kebocoran ke dalam jaringan.

Coming Soon
Ok